twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Hipertensi, Salah Satu Penyakit yang Kerap Kambuh Pasa Jemaah Haji Indonesia

Hipertensi, Salah Satu Penyakit yang Kerap Kambuh Pasa Jemaah Haji Indonesia

Sekitar 80.973 jemaah dari 201 kloter haji Indonesia telah sampai di Tanah Suci Mekah hingga dengan tanggal 29 Juli 2018 lalu.

Perjalanan jauh dan suhu panas yang lumayan tinggi, serta riwayat kesehatan yang tidak cukup baik, menciptakan sekitar 55.685 orang atau selama 68,77 persen jemaah haji mempunyai risiko tinggi pada kesehatannya.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka, dilansir dari Antara mengungkapkan bahwa urusan ini tampak dari banyaknya jemaah yang umurnya lebih dari 60 tahun dan pun dari riwayat kesehatannya.

Sampai dengan hari ke-13 penyelenggaraan kesehatan haji di Arab Saudi, mendata jemaah haji yang merasakan masalah kesehatan.

Mengutip laman sah Kementerian Kesehatan RI, jumlah jemaah haji yang diasuh jalan ada sejumlah 22.059 orang (20.564 orang di Madinah dan 1.495 orang di Mekah) dan total rujukan sejumlah 273 orang (252 orang di Madinah dan 21 orang di Mekah).

Di Klinik Kesehatan Haji Indinesia (KKHI) Madinah menerima 14 rujukan, 41 jemaah yang diasuh inap, dan merujuk 21 jemaah ke RSAS. Sementara di KKHI Makkah sudah menerima 10 pasien, masih diasuh inap 7 jemaah, dan merujuk 14 jemaah ke RSAS.

Tim Mobile di bandara mendata 160 jemaah merasakan masalah kesehatan.

‘Diagnosa penyakit terbanyak rawat jalan ialah hipertensi sejumlah 3.727 orang,” kata Eka.

Perawatan gratis

Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Mekah, Nirwan Satria meminta jemaah haji Indonesia untuk fobia berobat ke KKHI ketika merasa tak sehat.

“Kalau sakit tidak boleh takut berobat di sini. Jangan fobia ditarik bayaran,” katanya dilansir dari laman sah Kementerian Agama.

“Yang urgen dia jemaah haji Indonesia, bahkan bila mau operasi jantung saja, di sini dapat langsung operasi jantung gratis.”

Saat ini, KKHI telah melayani 95 orang jemaah sakit, yang telah dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi hingga hari ini telah 12 orang, diasuh di KKHI 25 orang, dan 43 orang telah dipulangkan.

Baca Juga: