twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Jangan Anggap Sepele, Kenali Gejala Awal Penyakit Kanker Sarkoma

Jangan Anggap Sepele, Kenali Gejala Awal Penyakit Kanker Sarkoma – Banyak dari kita barangkali mengesampingkan sejumlah gejala umum sebagai firasat penyakit ringan. Nyeri sendi, misalnya, tidak jarang diasosiasikan dengan rematik, sementara perut kembung dihubungkan dengan asam lambung. Namun, gejala-gejala ini sebetulnya dapat menjadi firasat penyakit yang lebih serius dan rumit, laksana sarkoma.

Sarkoma adalah jenis kanker yang berkembang di jaringan ikat, laksana otot, lemak, tulang, tulang rawan, dan pembuluh darah. Kanker ini dapat muncul di unsur tubuh mana juga serta memiliki fenomena yang tampaknya tidak riskan dan sulit dipisahkan dari penyakit ringan.

Berdasarkan keterangan dari Konsultan Senior Onkologi Medis Parkway Cancer Centre (PCC) Dr Richard Quek, sarkoma dirasakan langka sebab hanya didatangi pada 1% permasalahan kanker dewasa. Namun, data terbaru menunjukkan bahwa sarkoma barangkali lebih umum daripada yang dipercayai sebelumnya.

Di antaranya, studi di Inggris mengindikasikan lompatan signifikan dalam jumlah orang yang didiagnosis terpapar sarkoma masing-masing tahunnya, dari 3.800 menjadi 5.300 ketika ini. “Ini memprihatinkan sebab sampai ketika ini pemahaman anda akan sarkoma yang begitu perumahan masih tidak cukup lengkap, terutama di Asia,” kata dr Richard di Jakarta sejumlah waktu lalu.

Menurutnya, dikomparasikan populasi Barat, masih belum tidak sedikit pusat data nasional yang sah di Asia, sampai-sampai data mengenai prevalensi sarkoma dan bagaimana penyakit itu dikelola di distrik ini masih terbatas.

“Ini sering mengakibatkan diagnosis yang terlambat atau tidak akurat, yang lantas menyebabkan penanganannya pun tidak tepat,” beber dr Richard. Gejala sarkoma yang timbul bisa berbeda-beda, tergantung dari mana sarkoma itu berasal.

Bagi pasien yang mempunyai sarkoma jaringan empuk di lengan atau kaki, misalnya, fenomena paling umum ialah munculnya benjolan besar tanpa rasa sakit. Sedangkan, andai sarkoma tumbuh di tulang tangan atau kaki, pasien lazimnya mengeluhkan nyeri tulang serta sakit di dekat area tulang yang terdampak saat beristirahat atau istirahat malam.

Beberapa pasien bahkan mungkin merasakan retak tulang. Gejala lainnya mencakup ruam gelap (angiosarcoma atau kanker pembuluh darah), batuk dan sesak napas andai sarkoma berkembang di lokasi dada, serta kembung dan gampang merasa kenyang andai sarkoma berasal di unsur perut.

Dr Richard menjelaskan, tahapan kesatu yang mesti dilakukan ialah menyadari situasi tubuh sendiri. Kemudian, tanyakan untuk dokter umum apakah kita perlu mendatangi dokter spesialis atau menjalani tes lebih lanjut, laksana MRI atau CT scan , bila fenomena tidak hilang setelah penyembuhan berkala.

Baca Juga: