twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

OPSI 2018, Jadikan Meneliti Hal yang Seru bagi Siswa

OPSI 2018, Jadikan Meneliti Hal yang Seru bagi Siswa – Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) menjadi di antara agenda urgen Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas dalam rangka membangun insan Indonesia unggul.

Sejak tahun 2009, pekerjaan ini diadakan sebagai wadah untuk siswa SMA/MA mengembangkan bakat, minat, dan keterampilan dalam menganalisis dan berinovasi, serta menumbuh kembangkan kebiasaan meneliti di kalangan siswa.

Di samping itu, pekerjaan OPSI pun menjadi ajang seleksi karya riset unggul guna diikutsertakan dalam sekian banyak ajang lomba riset tingkat internasional.

Tahun ini OPSI diselenggarakan tanggal 15-20 Oktober 2018 di kota Semarang, Jawa Tengah. OPSI 2018 mengangkat semangat dengan tema ”Meneliti Itu Seru”.

Menumbuhkan minat riset siswa

“OPSI hendak mengganti pandangan umum murid terhadap riset yang dirasakan serius, susah dan membosankan. OPSI hendak memberikan murid pengalaman menganalisis dengan teknik menyenangkan, sampai-sampai minat menganalisis terus bertambah dan bisa ditularkan pada rekan dan lingkungannya,” jelas Kasubdit Peserta Didik, Juandanilsyah.

Bidang lomba pada OPSI tahun 2018 dikelompokkan menjadi 3 kelompok bidang penelitian, yaitu:
1. Bidang Matematika, Sains, dan Teknologi (Math, Science, and Technology)
2. Bidang Fisika Terapan dan Rekayasa (Applied Physics and Engineering)
3. Bidang lmu Sosial dan Humaniora (Social Sciences and Humanities)

Minat riset kian bertumbuh

“Antusiasme peserta yang mengekor OPSI tahun ini paling menggembirakan menjangkau 1.593 proposal riset dari 30 provinsi. Jumlah SMA yang tercebur pada OPSI 2018 sejumlah 275 SMA dan 55 Madrasah Aliyah,” tambah Juanda.

Ia menambahkan, dari jumlah tersebut sudah tersaring sejumlah 900 naskah laporan riset di tahap evaluasi naskah dan lantas menjadi 105 naskah terbaik dari 199 siswa.

Pada https://www.sekolahan.co.id  etape ini dilaksanakan penilaian poster/infografis dan evaluasi presentasi guna finalis. Kemudian bakal dipilih 9 naskah terbaik guna mendapatkan Medali Emas, 9 naskah medali perak, 9 naskah medali perunggu dan 9 naskah guna diberikah penghargaan khusus.

Berbagi empiris dan peluncuran buku

Dalam pekerjaan ini juga dikenalkan secara resmi kitab “Meneliti Itu Seru” yang dibentuk oleh pembina OPSI dan diterbitkan Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud.

Karya kitab “Meneliti Itu Seru” dimaksudkan sebagai wujud nyata untuk menjangkau tujuan OPSI dan pun untuk menyerahkan panduan penelitian untuk peneliti muda.

Tidak melulu kegiatan final penjurian, dalam pekerjaan OPSI ini siswa pun diberikan sekian banyak pembekalan dalam format seminar dengan menghadirkan semua peneliti guna berbagi empiris dan pengetahuan.

baca juga: Jangan Anggap Sepele, Kenali Gejala Awal Penyakit Kanker Sarkoma