twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Dunia

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Dunia

 

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Dunia

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM)

Hari ini 10 November 2018 merupakan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-70. Dengan mengusung tema “Sinergi Kerja Peduli Hak Asasi Manusia”, pemerintah sebagai perwujudan negara harus mampu menjalankan kewajiban dalam mensejahterahkan Masyarakat. Berdasarkan Komentar Umum Komite PBB tentang Kewajiban Negara terhadap pemenuhan hak atas pendidikan, maka pemerintah mempunyai tanggungjawab untuk melaksanakan tindakan-tindakan yang efektif dalam merealisasikan hak pendidikan secara penuh.

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia

pendidikan sebagai salah satu isu paling penting dalam mewujudkan warga yang sejahtera, sebagaimana banyak diungkap beberapa pakar pembangunan. Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bambang Rantam mengatakan pentingnya meningkatan pengetahuan tentang HAM di kalangan pelajar. Hal tersebut tidak terpisahkan dari Rencana Aksi Nasional HAM yang kini sudah masuk generasi ke empat.

“Dimana pada tahun 2019 akan memasuki generasi ke lima sampai tahun 2024

Jadi ini merupakan bagian dari program kerja yang akan terus ditingkatkan,” ujar Sekjen Kemhumham saat membuka kegiatan Lomba Cerdas Cermat HAM Tahun 2018 di gedung Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Lantai 6, Sabtu, 8 Desember 2018.

Pendidikan merupakan modal dasar bagi masyarakat untuk dapat bersaing dalam dunia kerja. Dalam bersaing, taraf pendidikan tentunya akan menentukan lapangan kerja yang akan ia masuki. Taraf pendidikan yang rendah dapat membatasi kemampuan untuk mencari dan memanfaatkan peluang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat

Firman Adam mengatakan setiap sekolah hari ini menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati Hari HAM Sedunia, pada 10 Desember. Bagi berbagai negara di dunia, peringatan tersebut merupakan hari yang bersejarah. Termasuk para masyarakat Indonesia, khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan Jawa Barat harus senantiasa mendorong sekolah-sekolah untuk menjunjung tinggi HAM. Selain itu, para  pegawai dan pengawas juga perlu memberikan teladan serta edukasi terhadap kepala sekolah dan guru.

“Dalam menyelenggarakan pendidikan mulai SMA, SMK, dan SLB ini, semoga kita semua dapat terus menjunjung tinngi HAM dan dapat bekerja dalam keadaan sehat walafiat,” ujar Sekdisdik Jabar saat Apel Pagi di Halaman Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Dr. Radjiman, Kota Bandung, Senin, 10 Desember 2018.

 

Artikel Terkait: