twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan Melalui Latihan Dasar Kepempinan Siswa

Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan Melalui Latihan Dasar Kepempinan Siswa

 

Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan Melalui Latihan Dasar Kepempinan Siswa

Guna meningkatkan pendidikan karakter

SMA Al Biruni Cerdas Mulia selenggrakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Vila Merah Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Kegiatan yang berlangsung pada pertengahan Desember tersebut diikuti oleh 50 siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkann jiwa kepeminpinan siswa sejak usia remaja.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Rudi Zamal Mutakin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program tahunan yang selalu dilaksanakan oleh sekolah dengan tujuan untuk menggali karakter kepemimpinan siswa. “Karena setiap siswa harus bisa menjadi pemimpin, minimal mepimpin dan mengendalikan dirinya sendiri untuk melaksanakan peraturan sekolah,  aturan di rumah dan norma di masyarakat luas,” tuturnya baru-baru ini.

Kepemimpinan menjadi penting untuk terus digali dan dilatih

karena, masih menurut Rudli,  karakter tersebut adalah kunci untuk berhasil di masa depan, dimana zaman berubah menjadi sangat kompleks. “Tanpa mempunyai jiwa kepemimpinan yang cerdas, tangguh, taqwa, mandiri dan berakahlaq mulia, maka akan sulit untuk menggapai kesuksesan di mana depan,” ucapnya.

Cara menumbuhkan karakter kepemimpinan

Salah satu cara menumbuhkan karakter kepemimpinan tersebut adalah dengan simulasi pemecahan masalah yang dikemas sebagai permainan kelompok. Lewat permainan tersebut, siswa diharuskan mampu memecahkan masalah secara tim. “Bisa  diibaratkan masalah yang dihadapi di lingkungan mereka,  ketika di tangani dengan peranan yang tepat, maka masalah tersebut akan bisa dipecahkan dengan sangat mudah,” kata Rudli

Salah satu siswa Al Biruni Cerdas Gemilang, Ahmad Syifa Maarif  mengatakan sangat mendapatkan pelajaran dari acara LDKS ini. Selain mendapatkan ilmu yang baru, Siswa kelas XI tersebut pun mendapatkan ilmu keorganisasian, khususnya di bidang kepemimpinan. “Dapet banyak ilmu dan semoga bisa membanggakan sekolah ,” ucapnya.

Yayasan Al Biruni Cerdas Mulia

Yayasan Al Biruni Cerdas Mulia merupakan Yayasan di kota Bandung yang mengelola sekolah inklusi mulai dari TK hingga SMA. Sekolah yang beralamat di Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung tersebut memiliki visi untuk menjadikan sekolah terbaik yang berorientasi pada keunggulan dan penghargaan terhadap ragam potensi dan kecerdasan dalam rangka membentuk cendekiawan muslim yang tangguh, cerdas, kreatif dan berakhlak mulia.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/