twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Pembangunan Fisik Harus Diimbangi Pembangunan Sosial

Pembangunan Fisik Harus Diimbangi Pembangunan Sosial

 

Pembangunan Fisik Harus Diimbangi Pembangunan Sosial

Asisten Pemerintahan Setda Kota Bogor Hanafi

Asisten Pemerintahan Setda Kota Bogor Hanafi menyampaikan agar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tidak terpaku pada pembangunan fisik (infrastruktur) semata. Tetapi, harus diimbangi juga dengan pembangunan sosial (non fisik).

Hal tersebut dikatakan Hanafi saat membuka Musrenbang Kecamatan Bogor Barat di aula Kantor Balitro, Cimanggu, Jalan Tentara Pelajar, Kota Bogor, Kamis (25/01/2018).

Sebab, dilanjutkan Hanafi

Perlu diketahui dan dipahami bersama juga pembangunan itu ada dua. Yang pertama adalah pembangunan fisik, dan yang kedua pembangunan sosial.”Ada pembangunan yang terlihat secara kasat mata dan ada pembangunan yang tidak terlihat terlihat kasat mata. Jangan kita asyik musyawarah berputar di sekitar pembangunan fisik, tapi sisi lain pembangunan sosial tertinggal. Makanya pembangunan fisik dan pembangunan sosial harus sejalan merata, sehingga terwujudlah kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat itu, baik fisik ataupun sosial,” paparnya.

Pemerintah Kota (Pemkot)

Masih kata Hanafi, tidak akan terpaku di dalam merumuskan APBD. Tetapi, pemerintah bekerja sama dengan dunia swasta melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk kebutuhan-kebutuhan yang mungkin tidak “tergambar” di dalam APBD.

Oleh karena itu

Pembangunan ini tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah, tetapi kita juga harus bekerja sama antara pemerintah dengan pihak swasta,” katanya.