twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Reforma Agraria Atasi Kesenjangan Ekonomi

Reforma Agraria Atasi Kesenjangan Ekonomi

Reforma Agraria Atasi Kesenjangan Ekonomi

Reforma Agraria Atasi Kesenjangan Ekonomi

BANDUNG-Dalam mewujudkan pemerataan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi saja tidak cukup melainkan harus dibarengi dengan kualitas inklusif dan berkeadilan untuk seluruh lapisan masyarakat.

Demikian diaungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution usai membuka Global Land Forum di gedung Merdeka Bandung, Senin (22/9/2018).

Darmin mengatakan Presiden RI, Joko Widodo telah mencanangkan

kebijakan ekonomi pada 3 pilar yakni penyediaan lahan, kesempatan kerja dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Ketiga pilar tersebut dilaksanakan melalui reforma agraria sehingga melalui program ini kesenjangan ekonomi bisa diatasi.

Program reforma Agraria bukan hanya sekedar membantu meningkatkan masyarakat saja tapi memberikan pelatihan keterampilan, modal dan membantu pemasaran khususnya untuk para petani.

“Berbeda dengan kebijakan masa lalu, misalnya pola transmigrasi karena dulu

mereka dibiarkan membuka dan mengolah tananhnya sendiri tanpa ada dukungan modal pasar dan keterampilan,” ungkapnya

Petani akan mendapatkan bantuan dari dana desa seperti penyedian alat produksi pertanian, fasilitas alat panen, mendapatkan kredit usaha rakyat dari bank bumn, swasta dan mendapatkan jaminan pemasaran untuk hasil produksinya.

Darmin menambahkan, dengan sistem klaster lahan dikelola secara kelompok yakni menanam satu jenis komoditi unggulan untuk setiap kelompok seperti sengon atau holtikultura sehingga usaha tersebut memiliki daya saing mencapai skala ekonomi serta produktivitas yang baik.

Satu klaster terdiri dari dua desa tergantung jumlah luas lahan dan petani tersebut. Sistem klaster juga mendorong terciptanya tranformasi ekonomi.

“Melalui reforma agraria kita tidak hanya memberikan hak atas lahan atau akses tapi sekaligus memberikan kemudahan dalam permodalan, pangsa pasar dan ketermpilan yg diperlukan,” pungkasnya. jo

 

Baca Juga :