twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

PERINGATI HARI KARTINI

PERINGATI HARI KARTINI

 

KEPANJEN

Suasana berbeda terlihat di sejumlah kantor SKPD di Kabupaten Malang, Senin (22/4) pagi. Hampir seluruh para perempuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer mengenakan pakaian kebaya. Mereka penuh semangat tinggi mengenakan baju khas tersebut guna memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, kemarin. Sedangkan, ASN pria menggunakan seragam yang berlaku di hari ini, yakni PDH Keky.

SKPD yang turut memperingati Hari Kartini dengan cara tersebut adalah seluruh SKPD yang berkantor di lingkungan Kantor Bupati Malang di Kota Kepanjen. Mereka kompak menggunakan kebaya sejak berangkat dari tempat tinggalnya. Pagi tadi, sesampai di kantor, mereka pun menjalankan aktifitas secara normal, salah satunya mengawalinya dengan mengikuti apel pagi di halaman belakang Kantor Bupati Malang. Hingga menjalani aktifitas pekerjaan dalam memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi masyarakat.

Dalam apel kali ini, ada yang tampak berbeda

Mulai dari Pembina Apel yang diambil oleh Shanti Purwaningtyas selaku Kepala Bagian Tata Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, hingga para Pemimpin Pasukan dipilih semuanya para perempuan dengan berkebaya. Hal ini sekaligus bagian dari upaya mengenang dan menghormati jasa perjuangan ibu Kartini. Pemandangan serupa juga terjadi di SKPD lainnya.

‘’Bersyukur kita memiliki ibu Kartini karena atas perjuangan beliaulah, kita bisa sejajar dengan kaum pria. Hanya satu yang menjadi kelemahan kaum perempuan yaitu tidak tahu bahwa dirinya itu berharga. Dan, para ibu-ibu dan perempuan ASN di lingkungan Pemkab Malang hari ini mengenakan kebaya sebagai bentuk upaya mengenang dan menghormati perjuangan beliaulah, ibu Kartini,” terang Shanti Purwaningtyas saat memberikan arahan pada apel pagi tadi.

Dalam moment ini

Shanti berpesan, tetaplah berjuang pada garis yang telah ditentukan. Jangan melawan kodrat bahwa kita memang perempuan. Tetapi selaku ibu dan istri, perempuan tetap perempuan. Ditambahkannya, setinggi apapun jabatan perempuan itu, peran terpenting tetap menjadi seorang ibu.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Malang

Hal senada disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Tien Farihah. Ia pun mengucapkan, selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan di Kabupaten Malang. ”Dengan semangat hari Kartini. Semoga kaum perempuan mampu berada dalam segala situasi dengan kemampuan terbaik,” harapnya menambahkan.

Artikel terkait :