twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Mengenal Tokoh-tokoh Nasional di dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Mengenal Tokoh-tokoh Nasional di dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Tidak jadi ya Squad, sebentar lagi kami akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-73. Pasti pernak-pernik perlombaan tengah dipersiapkan ya? Baik di sekolah atau pun di lingkungan tempat tinggalmu, HUT kemerdekaan ini tentu sama juga bersama dengan perlombaan.

Iya, betul sekali. Perlombaan di dalam rangka menyambut kemerdekaan Republik Indonesia menanamkan nilai stimulan juang para pahlawan yang berjuang melawan penjajah terhadap waktu itu. Dalam artikel ini kami nggak bahas macam-macam perlombaan di dalam 17-an ya Squad. Kita akan bahas tokoh-tokoh nasional yang tersedia dibalik proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ada siapa saja ya?

Siapa sih yang nggak kenal bersama dengan beliau? Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Beliau lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Soekarno yang lebih akrab sapa Bung Karno ini perannya banyak sekali lho Squad. Terlebih di dalam bidang politik sejak jaman pergerakan nasional sampai orde lama.

Kamu sadar nggak jika Soekarno itu pernah “diculik”? Diculik di sini bukan berarti disekap lho ya. Maksudnya, Soekarno itu pernah didesak oleh golongan gampang supaya langsung memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Saat itu, Hiroshima dan Nagasaki baru saja dibom oleh Sekutu. Oleh dikarenakan itu, menurut pengamatan golongan muda, ini merupakan waktu yang tepat untuk memproklamirkan kemerdekaan. Para golongan muda kelanjutannya memindahkan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok terhadap 16 Agustus 1945.

Keesokan harinya, tepat tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10:00, Soekarno bersama dengan sura lantang membacakan teks proklamasi yang merupakan sinyal Indonesia telah merdeka. Soekarno wafat terhadap tanggal 21 Juni 1970. Beliau dikukuhkan sebagai Pahlawan Proklamator berdasarkan Keputusan Presiden No. 081/TK/1986 tanggal 23 Oktober 1986. Di tahun 2012 Soekarno juga dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden No. 83/2012.

Pernah atau puas nonton Captain Tsubasa nggak? Siapa pasangan emas dari Tsubasa? Yap. Misaki. Kalau Tsubasa punyai Misaki, maka Bung Karno punyai Bung Hatta sebagai pasangan emas di dalam membangun negara. Nama lengkap Bung Hatta ialah Mohammad Hatta yang lahir di Bukittingi, Sumatera Barat terhadap 12 Agustus 1902. Sama seperti Soekarno, Hatta juga “diculik” ke Rengasdengklok terhadap tanggal 16 Agustus 1945 untuk merumuskan proklamasi.

Di tanggal 17 Agustus, tepat sebelum membacakan proklamasi, Hatta datang menghampiri Soekarno yang tengah demam waktu itu. Hatta datang beri tambahan pemberian kepada Soekarno supaya sanggup bersama langsung memproklamasikan kemerdekaan. Selain dikenal sebagai proklamator, beliau dikenal sebagai seorang yang setia dan berkenan berkorban. Kalian kudu sadar nih Squad bahwa Hatta pernah bersumpah tidak akan menikah sebelum Indonesia Merdeka.

Hatta wafat terhadap 14 Maret 1980. Sesuai bersama dengan amanahnya bahwa beliau ingin dikuburkan di tengah-tengah rakyat, maka dari itu jenazahnya tidak dimakamkan di taman makam pahlawan, melainkan di pemakaman umum Tanah Kusir. Pemerintah Republik Indonesia menganugerahi Hatta gelar Pahlawan Proklamator berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No.081/TK/1986, tanggal 23 Oktober 1986 dan juga dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden No. 84/2012.

Salah satu golongan muda yang memiliki rencana penculikan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok ya Sutan Sjahrir. Beliau yang lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat terhadap tanggal 5 Maret 1909 ini punyai intektual tinggi di dalam pergerakan nasional. Sjahrir yang menjabat sebagai pemimpin gerakan bawah tanah, meraih kabar dari radio luar negeri bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu sesudah pengeboman Hiroshima dan Nagasaki.

Langsung sesudah mendengar berita itu Sjahrir buru-buru kasih tau nih berita berikut ke Bung Hatta. Tapi apa respon Bung Hatta? Kurang mempercayai berita berikut dikarenakan kudu menanti kepastian tentang kekalahan Jepang. Maklum saja, Bung Hatta waktu itu baru tiba dari Dalat, Vietnam, dan Sjahrir langsung memberitahu.

Nah, Syahrir kecewa tuh Squad dan kelanjutannya mengoordinasikan para pemuda untuk mengamankan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok. Kenapa sih yang dipilih Rengasdengklok? Menurut Syahrir dan golongan muda, Rengasdengklok di tempat Karawang itu merupakan tempat yang safe dari dampak Jepang supaya Soekarno-Hatta sanggup fokus menyusun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Sutan Sjahrir wafat terhadap 9 April 1966 di Zurich, Swiss dikarenakan penyakit darah tinggi. Pemerintah Indonesia sesudah itu menganugerahi gelar Pahlawan Nasional untuk menghormati jasa-jasanya melalui S.K.Presiden No.76 tahun 1966 tanggal 9 April 1966.

Diplomat yang lahir 23 Maret 1896 di Teluk Jambe, Karawang, merupakan penengah dari perbedaan pandangan golongan tua dan golongan muda tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Golongan muda itu kan ingin Soekarno-Hatta langsung memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, tetapi golongan tua itu maunya sabar pernah nih, nunggu konfirmasi jika Jepang telah benar-benar kalah atau belum. Ahmad Soebardjo yang sadar dari Wikana bahwa Soekarno-Hatta tengah berunding di Rengasdengklok bersama dengan para pemuda, langsung menemui dan ingin mempunyai Soekarno-Hatta lagi ke Jakarta. Ahmad Soebardjo di depan para pemuda mengatakan….

kalau kamu mendengar ucapan dari Ahmad Soebardjo seperti itu, gimana perasaan kalian? Golongan muda yang tadinya nggak yakin bahwa golongan tua akan lakukan proklamasi sesuai bersama dengan desakan para pemuda, bersama dengan ucapan dari Ahmad Soebardjo berikut langsung yakin bahwa tanggal 17 Agustus 1945 akan dilakukan Proklamasi.

Ahmad Soebardjo wafat di Jakarta terhadap 15 Desember 1978. Atas jasa-jasanya terhadap Indonesia, Pemerintah RI menganugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor : 058/TK/Tahun 2009 tanggal 6 November 2009.

Selengkapnya : https://www.biologi.co.id/

Jenis-Jenis Bunyi Berdasarkan Frekuensinya

Jenis-Jenis Bunyi Berdasarkan Frekuensinya

Kita semua sudah pasti merasakan duka yang memadai dalam ya Squad atas musibah gempa bumi di Lombok beberapa kala yang lalu. Gempa dengan 7.0 skala Richter itu meluluhlantahkan Lombok dan guncangannya jadi sampai Pulau Bali. Tapi, lepas berasal dari efek gempa tersebut, kamu sadar nggak bahwa kami bisa mendeteksi “bunyi” gempa?

“Emangnya gempa ada bunyinya?”

Penyebab gempa itu kan pergerakan lempengan bumi, dan getaran pergerakan lempeng bumi itu bisa diukur dengan keliru satu alat pendeteksi gempa, Seismograf. Getaran pergerakan lempeng bumi membuahkan bunyi yang tidak bisa didengar oleh telinga manusia sebab frekuensinya rendah.

Nah, bicara berkenaan frekuensi bunyi, ada beberapa jenis-jenis bunyi nih yang bisa kami pelajari. Ada apa saja?

1. Bunyi Infrasonik

Bunyi infrasonik ini merupakan bunyi yang nggak bisa didengar oleh telinga manusia. Namun, bagi beberapa hewan seperti anjing, gajah dan lumba-lumba, bunyi ini tetap bisa mereka dengar. Frekuensi yang dimiliki oleh bunyi infrasonik ini tidak cukup berasal dari 20Hz (Heartz).

Bunyi infrasonik bisa merambat berasal dari jarak yang sangat jauh lho Squad. Selain itu, bunyi ini bisa menembus hambatan tanpa mengurangi besaranya frekuensi yang dihasilkan. Kalau pun ada pengurangan besaran frekuensi, itu terjadi tidak sangat signifikan. Nah, maka berasal dari itu, getaran gempa dan kesibukan gunung berapi pun bisa diketahui. Tentunya ya memanfaatkan alat tadi, Seismograf.

2. Bunyi Audiosonik

Saat kamu nonton film horor, pernah merasakan kaget nggak? Sudah filmnya seram, ditambah dengan volume suara yang besar. Itu yang membuat kaget kan? Nah, volume suara di bioskop itu termasuk bunyi audiosonik lho Squad. Meskipun menurut kamu volumenya udah besar, itu tetap diakui bunyi audiosonik.

ah, beda lagi jika kamu lihat rekan kamu sedang berbisik-bisik di depan kamu. Kamu sadar nggak apa yang diucapkan rekan kamu itu? Nggak kan? Nah, bisik-bisik tersebut di telinga kamu nggak terdengar, artinya bukan bunyi audiosonik.

Apa sih bunyi audiosonik itu? Bunyi audiosonik ini merupakan bunyi yang bisa didengar oleh telinga manusia. Besar frekuensi bunyi ini ialah 20 Hz sampai 20.000 Hz.

3. Bunyi Ultrasonik

Jenis bunyi yang terakhir ialah bunyi ultrasonik. Bunyi ultrasonik ini mempunyai frekuensi lebih besar berasal dari 20.000 Hz (20 KHz). Berhubung frekuensinya yang sangat besar, maka telinga manusia tidak bisa menangkapnya. Tapi hewan seperti kelelawar, bisa mendengar bunyi ini lho. Bunyi ultrasonik ini susah untuk menembus hambatan dengan susunan padat/keras. Jadi, bunyi tersebut hanya bisa dipantulkan.

Ada banyak kegunaan yang bisa kami dapatkan berasal dari pemanfaatan bunyi ultrasonik ini, khususnya di bidang kedokteran. Dalam bidang kedokteran, bunyi ultrasonik ini bisa digunakan untuk mendiagnosa janin dalam kandungan. Ya, nama lain berasal dari sistem tersebut ialah USG (ultrasonografi). Mudahnya bisa dimengerti jika USG itu teknik menampilkan uraian berasal dari situasi anggota dalam tubuh. Nah, sistem pengambilan gambar ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi.

Selengkapnya : https://www.gurukelas.co.id/

Cara-Cara Menanggulangi Pemanasan Global

Cara-Cara Menanggulangi Pemanasan Global

kamu masih ingat kan, apa saja dampak negatif berasal dari pemanasan global? Sangat merugikan, ya. Dampak negatif berasal dari pemanasan global ini mesti langsung dihentikan. Meskipun tidak mungkin langsung berhenti, namun setidaknya kamu bisa memulai, kan? Kira-kira, apa saja ya yang bisa jadi dilakukan untuk menangani pemanasan global ini? Ada 3 langkah simpel nih yang bisa kamu lakukan, yaitu gunakan kekuatan terbarukan, menaikkan efisiensi bahan bakar kendaraan, dan melaksanakan kegiatan penghijauan. Kuy, kita bahas bersama-sama!

Penggunaan Energi Terbarukan

Cara pertama yang bisa kamu melaksanakan untuk menangani pemanasan global adalah bersama gunakan kekuatan terbarukan di dalam kehidupan sehari-hari. Apa sih kekuatan terbarukan itu? Sesuai bersama namanya, kekuatan terbarukan adalah kekuatan yang bisa mengalami pemulihan secara alami dan juga proses pembaruan energinya bisa konsisten berkelanjutan. Oleh gara-gara itu, kekuatan terbarukan juga kerap disebut sebagai kekuatan berkelanjutan. Jumlah kekuatan terbarukan ini amat banyak, sehingga tidak mesti cemas bakal habis.

Salah satu umpama kekuatan terbarukan adalah panel surya. Panel surya ini bermanfaat untuk merubah cahaya matahari menjadi kekuatan listrik. Wah, menjadi kekuatan listriknya langsung berasal berasal dari matahari? Yes, betul banget! Menarik, ya? Meskipun amat menunjang untuk menangani pemanasan global, ternyata panel surya ini belum kondang digunakan. Salah satu alasannya adalah gara-gara biayanya yang amat mahal terkecuali dibandingkan bersama bahan bakar fosil. Sayang sekali, ya. Semoga ke depannya panel surya ini bisa lebih ringan diakses, ya. Siapa di sini yang rela coba gunakan panel surya?

Peningkatan Efisiensi Bahan Bakar Kendaraan

Kamu pernah membayangkan nggak sih, apa jadinya bumi kita ini terkecuali tiap tiap orang naik kendaraan pribadi? Selain macet, tentu polusinya juga meningkat ya. Polusi yang konsisten meningkat ini bisa sebabkan pemanasan global. Selain itu, polusi juga bisa sebabkan munculnya penyakit, terlebih penyakit pernapasan. Selain itu, tambah banyak kendaraan spesial yang beroperasi, tambah banyak pula bahan bakar yang diperlukan. Lama-lama, bahan bakarnya bisa habis, deh. Menakutkan nggak sih?

Lalu, bagaimana caranya menanggulanginya, nih? Kamu bisa jadi berasal dari perihal sederhana, andaikata naik kendaraan umum, andaikata bus. Coba deh bayangkan, terkecuali 1 bus bisa mengangkut sebanyak 50 orang, berarti sudah tersedia setidaknya 50 orang yang tidak naik kendaraan pribadi. Polusi yang disebabkan oleh kendaraan spesial tersebut juga berkurang, kan? Itu baru berasal dari 1 bus saja. Kalau busnya tersedia banyak, tentu tambah kurangi polusi yang disebabkan oleh kendaraan pribadi, kan? Bahan bakar juga tentu saja bisa dihemat. Jadi, jadi naik kendaraan lazim berasal dari sekarang, yuk!

Melakukan Kegiatan Penghijauan

Kamu pernah dengar arti reboisasi? Yes, yang dimaksud bersama reboisasi adalah penghijauan kembali. Coba, kira-kira, apa yang mesti kamu melaksanakan untuk melaksanakan reboisasi? Betul banget, kamu mesti menanam pohon. Berarti mesti ke hutan, nih? Nggak mesti ke hutan, kok. Kamu bisa memulai kegiatan reboisasi ini berasal dari halaman rumahmu sendiri. Sekarang bahkan sudah banyak komunitas pencinta lingkungan yang ikut dan juga meramaikan kegiatan reboisasi ini. Kamu rela ikutan, nggak?

Baca Juga :

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Apa yang Harus Dicermati Orangtua?

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Apa yang Harus Dicermati Orangtua? – Pendidikan anak umur dini sejatinya ialah sebuah investasi jangka panjang guna anak meraih kesuksesan di masa mendatang. Berkaca pada urusan itu, masing-masing orangtua tentu mengharapkan pendidikan terbaik guna buah hatinya.

Pertanyaan yang lantas mengemuka merupakan, bagaimana teknik orangtua memilih lembaga edukasi anak umur dini atau pre-school yang tepat guna putra-putrinya? Serta hal apa saja yang mesti diamati dalam pemilihan tersebut?

Pada dasarnya, dikutip pada Jumat, (22/1/2016), edukasi terbaik bakal dapat didapatkan anak saat metode dan sistem pembelajaran di ruang belajar sesuai dengan gaya belajar mereka.

Oleh karena tersebut sebelum menilai opsi sekolah mana yang bakal dimasuki, usahakan orangtua mesti terlebih dahulu mengetahui keterampilan dan keperluan si buah hati. Hal ini guna meyakinkan anak dapat mengekor proses pembelajaran dengan mengasyikkan tanpa merasa tertekan.

Kemudian, setelah tersebut barulah orangtua dapat melihat hal lainnya yang wajib diamati saat menilai pre-school guna anak. Berikut pembahasannya.

1. Tenaga pendidik yang cakap

Baik atau tidaknya kualitas pre-school yang bakal dipilih dapat dilihat lewat tenaga pendidiknya. Kerap dilafalkan bahwa tenaga pendidik atau guru ialah ujung tombak yang menilai anak bakal belajar dan bermain dengan mengasyikkan atau tidak.

Di samping harus mempunyai background edukasi yang sesuai, seorang guru pun harus cakap dalam menyerahkan pengajaran yang baik supaya mereka nyaman sedang di kelas.

“Hal utama yang mesti dilaksanakan guru ialah membuat anak didik nyaman terlebih dahulu sedang di kelas. Jika urusan itu sudah tercapai, maka mereka bakal mempunyai rasa trust untuk guru sampai-sampai pembelajaran menjadi lebih optimal,” ungkap Koordinator Guru Early Years Sinarmas World Academy, Len, Jumat (6/10/2018).

Lebih lanjut, seorang guru pun harus pandai menyaksikan perkembangan dan urusan apa saja yang diperlukan anak. Terlebih bila anak mempunyai masalah dalam proses belajar melatih di kelas. Guru yang baik bakal mengkomunikasikan untuk orangtua tentang pertumbuhan maupun kendala-kendala yang barangkali saja dihadapi si buah hati.

2. Lingkungan sekolah

Hal selanjutnya yang mesti diamati dalam memilih pre-school ialah lingkungan sekolah (environment) tersebut sendiri. Perhatikan, apakah sekolah mempunyai sarana dan prasarana yang mencukupi atau tidak?

Selain tersebut cermati pun ruang belajar anak didik. Melansir Senin (21/5/2018), kelas yang baik untuk siswa pre-school mesti mempunyai furnitur yang cocok ukuran dengan tubuh anak-anak. Dengan begini mereka dapat mengambil barang yang dibutuhkannya sendiri tanpa bergantung untuk orang dewasa.

Komposisi jumlah siswa dengan guru pun harus dicocokkan dengan ruang kelas. Jangan sampai ruang belajar terasa sarat dan sesak. Co-Principal Early Years and Elementary School SWA Kelly mengungkapkan, idealnya jumlah murid dalam satu ruang belajar berjumlah 6-15 anak.

“Hal ini agar anak didik bisa lebih nyaman berada di ruang belajar dan guru dapat melihat perkembangan setiap anak dengan lebih fokus,” jelasnya.

3. Nilai dasar atau filosofi sekolah

Setiap sekolah memiliki nilai dasar dan filosofinya masing-masing. Meskipun secara kasat mata komponen ini tidak tidak sedikit diperhatikan oleh orangtua, namun nyatanya urusan ini paling penting. Sebab, nilai dasar dan filosofi sekolah menilai bagaimana kebiasaan belajar melatih di ruang belajar berlangsung.

Hal terpenting yang mesti Anda kerjakan sebagai orangtua ialah kenali terlebih dahulu nilai-nilai dasar yang dipegang teguh oleh sekolah. Kemudian, sesuaikan pula dengan keperluan anak Anda, apakah jati diri dan gaya belajar si anak sesuai atau tidak.

4. Penggunaan kurikulum

Kurikulum dan pembelajaran adalah satu kesatuan yang saling menyokong dalam suatu pendidikan. Kurikulum yang tepat bakal dapat menyerahkan pembelajaran yang sesuai sampai-sampai proses belajar melatih pun bakal berjalan lancar.

Oleh sebab itu, urgen hukumnya merealisasikan kurikulum yang tepat untuk membuat pendidikan yang berkualitas. Hal ini laksana yang diterapkan oleh Sinarmas World Academy (SWA).

“Pada  https://www.bahasainggris.co.id edukasi anak umur dini, ada sejumlah tahapan bertolak belakang yang dipunyai anak cocok usianya. Dalam urusan ini berarti lain usia maka lain skills pun yang bakal dipelajari,” ungkap Kelly.

Melihat kenyataan tersebut, SWA memakai dua kurikulum yang bertolak belakang sesuai dengan tahapan umur anak, yaitu Early Years Foundation Stage (EYFS) dan Cambridge Primary Curriculum Stage 1.

“Kurikulum EYFS dipakai untuk ruang belajar Toddler (0-2 tahun), Nursery (2-3 tahun), Pre Kindergarten (3-4 tahun), dan Kindergarten 1 (4-5 tahun). Kami menilai kurikulum ini sesuai untuk mereka sebab menyeimbangkan pekerjaan bermain dan belajar,” jelas Kelly.

Pada etape ini peserta didik difokuskan pada empat lokasi pembelajaran, seperti edukasi literasi, matematika dasar, seni dan desain ekspresif, serta pengetahuan dasar komputer dan robotik.

Setelah anak meningkat usia pada rentang 5-6 tahun, lanjut Kelly, mereka bakal masuk ke dalam ruang belajar Kindergarten 2.

“Pada ruang belajar ini kami memakai Cambridge Primary Curriculum Stage 1 yang berfokus pada persiapan peserta didik masuk ke jenjang berikutnya, yaitu sekolah dasar,” ujarnya lagi.

Pembelajaran komputasi matematika mulai diluncurkan di ruang belajar ini. Di samping itu, latihan ilmu pengetahuan alam, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan kesenian pun mulai difokuskan.

Di samping pentingnya eksistensi kurikulum, ternyata peran orangtua terhadap pertumbuhan anak umur dini di sekolah pun mempunyai posisi yang strategis.

“Orangtua mesti berlaku supportive, cooperative, dan open minded dalam edukasi anak umur dini. Di samping itu, komunikasi yang rapi juga mesti terjalin antara orangtua dan guru, jadi terjalin hubungan yang terbuka,” ujar Kelly.

Dengan begitu, diharapakan murid usia dini dapat mendapatkan edukasi yang berkualitas sebagai bekal guna mengecap edukasi selanjutnya.

baca juga: OPSI 2018, Jadikan Meneliti Hal yang Seru bagi Siswa

OPSI 2018, Jadikan Meneliti Hal yang Seru bagi Siswa

OPSI 2018, Jadikan Meneliti Hal yang Seru bagi Siswa – Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) menjadi di antara agenda urgen Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas dalam rangka membangun insan Indonesia unggul.

Sejak tahun 2009, pekerjaan ini diadakan sebagai wadah untuk siswa SMA/MA mengembangkan bakat, minat, dan keterampilan dalam menganalisis dan berinovasi, serta menumbuh kembangkan kebiasaan meneliti di kalangan siswa.

Di samping itu, pekerjaan OPSI pun menjadi ajang seleksi karya riset unggul guna diikutsertakan dalam sekian banyak ajang lomba riset tingkat internasional.

Tahun ini OPSI diselenggarakan tanggal 15-20 Oktober 2018 di kota Semarang, Jawa Tengah. OPSI 2018 mengangkat semangat dengan tema ”Meneliti Itu Seru”.

Menumbuhkan minat riset siswa

“OPSI hendak mengganti pandangan umum murid terhadap riset yang dirasakan serius, susah dan membosankan. OPSI hendak memberikan murid pengalaman menganalisis dengan teknik menyenangkan, sampai-sampai minat menganalisis terus bertambah dan bisa ditularkan pada rekan dan lingkungannya,” jelas Kasubdit Peserta Didik, Juandanilsyah.

Bidang lomba pada OPSI tahun 2018 dikelompokkan menjadi 3 kelompok bidang penelitian, yaitu:
1. Bidang Matematika, Sains, dan Teknologi (Math, Science, and Technology)
2. Bidang Fisika Terapan dan Rekayasa (Applied Physics and Engineering)
3. Bidang lmu Sosial dan Humaniora (Social Sciences and Humanities)

Minat riset kian bertumbuh

“Antusiasme peserta yang mengekor OPSI tahun ini paling menggembirakan menjangkau 1.593 proposal riset dari 30 provinsi. Jumlah SMA yang tercebur pada OPSI 2018 sejumlah 275 SMA dan 55 Madrasah Aliyah,” tambah Juanda.

Ia menambahkan, dari jumlah tersebut sudah tersaring sejumlah 900 naskah laporan riset di tahap evaluasi naskah dan lantas menjadi 105 naskah terbaik dari 199 siswa.

Pada https://www.sekolahan.co.id  etape ini dilaksanakan penilaian poster/infografis dan evaluasi presentasi guna finalis. Kemudian bakal dipilih 9 naskah terbaik guna mendapatkan Medali Emas, 9 naskah medali perak, 9 naskah medali perunggu dan 9 naskah guna diberikah penghargaan khusus.

Berbagi empiris dan peluncuran buku

Dalam pekerjaan ini juga dikenalkan secara resmi kitab “Meneliti Itu Seru” yang dibentuk oleh pembina OPSI dan diterbitkan Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud.

Karya kitab “Meneliti Itu Seru” dimaksudkan sebagai wujud nyata untuk menjangkau tujuan OPSI dan pun untuk menyerahkan panduan penelitian untuk peneliti muda.

Tidak melulu kegiatan final penjurian, dalam pekerjaan OPSI ini siswa pun diberikan sekian banyak pembekalan dalam format seminar dengan menghadirkan semua peneliti guna berbagi empiris dan pengetahuan.

baca juga: Jangan Anggap Sepele, Kenali Gejala Awal Penyakit Kanker Sarkoma

Jangan Anggap Sepele, Kenali Gejala Awal Penyakit Kanker Sarkoma

Jangan Anggap Sepele, Kenali Gejala Awal Penyakit Kanker Sarkoma – Banyak dari kita barangkali mengesampingkan sejumlah gejala umum sebagai firasat penyakit ringan. Nyeri sendi, misalnya, tidak jarang diasosiasikan dengan rematik, sementara perut kembung dihubungkan dengan asam lambung. Namun, gejala-gejala ini sebetulnya dapat menjadi firasat penyakit yang lebih serius dan rumit, laksana sarkoma.

Sarkoma adalah jenis kanker yang berkembang di jaringan ikat, laksana otot, lemak, tulang, tulang rawan, dan pembuluh darah. Kanker ini dapat muncul di unsur tubuh mana juga serta memiliki fenomena yang tampaknya tidak riskan dan sulit dipisahkan dari penyakit ringan.

Berdasarkan keterangan dari Konsultan Senior Onkologi Medis Parkway Cancer Centre (PCC) Dr Richard Quek, sarkoma dirasakan langka sebab hanya didatangi pada 1% permasalahan kanker dewasa. Namun, data terbaru menunjukkan bahwa sarkoma barangkali lebih umum daripada yang dipercayai sebelumnya.

Di antaranya, studi di Inggris mengindikasikan lompatan signifikan dalam jumlah orang yang didiagnosis terpapar sarkoma masing-masing tahunnya, dari 3.800 menjadi 5.300 ketika ini. “Ini memprihatinkan sebab sampai ketika ini pemahaman anda akan sarkoma yang begitu perumahan masih tidak cukup lengkap, terutama di Asia,” kata dr Richard di Jakarta sejumlah waktu lalu.

Menurutnya, dikomparasikan populasi Barat, masih belum tidak sedikit pusat data nasional yang sah di Asia, sampai-sampai data mengenai prevalensi sarkoma dan bagaimana penyakit itu dikelola di distrik ini masih terbatas.

“Ini sering mengakibatkan diagnosis yang terlambat atau tidak akurat, yang lantas menyebabkan penanganannya pun tidak tepat,” beber dr Richard. Gejala sarkoma yang timbul bisa berbeda-beda, tergantung dari mana sarkoma itu berasal.

Bagi pasien yang mempunyai sarkoma jaringan empuk di lengan atau kaki, misalnya, fenomena paling umum ialah munculnya benjolan besar tanpa rasa sakit. Sedangkan, andai sarkoma tumbuh di tulang tangan atau kaki, pasien lazimnya mengeluhkan nyeri tulang serta sakit di dekat area tulang yang terdampak saat beristirahat atau istirahat malam.

Beberapa pasien bahkan mungkin merasakan retak tulang. Gejala lainnya mencakup ruam gelap (angiosarcoma atau kanker pembuluh darah), batuk dan sesak napas andai sarkoma berkembang di lokasi dada, serta kembung dan gampang merasa kenyang andai sarkoma berasal di unsur perut.

Dr Richard menjelaskan, tahapan kesatu yang mesti dilakukan ialah menyadari situasi tubuh sendiri. Kemudian, tanyakan untuk dokter umum apakah kita perlu mendatangi dokter spesialis atau menjalani tes lebih lanjut, laksana MRI atau CT scan , bila fenomena tidak hilang setelah penyembuhan berkala.

Baca Juga:

Syarat tumbuh tanaman untuk merangsang buah

Syarat tumbuh tanaman untuk merangsang buah

Syarat tumbuh tanaman untuk merangsang buah

Selain tanaman yang kami memelihara kudu sehat, syarat tumbuh untuk merangsang tanaman cepat berbuah kudu kami penuhi. Untuk memicu hal ini seluruh persiapan kudu kami siapkan.

Syarat tumbuh ini seperti iklim, cuaca dan segi yang di idamkan oleh tanaman itu sendiri. Semua hal ini ditunaikan untuk mendorong tanaman kami dapat hidup cocok dengan keinginannya.

Syarat tumbuh tanaman untuk merangsang buah

Namun tidak berlaku untuk buah-buahan yang ada di pot atau polybag besar, karena tanaman yang ditanam didalam pot atau polybag dapat kami pindah-pindahkan dan syarat tumbuhnya dapat kami buat, dibikin dengan membangun greenhouse.

Untuk syarat tumbuh biasanya petani kami tidak sadar dan kendati mereka sadar syarat tumbuh itu mutlak untuk tanaman, mereka cenderung mengabaikannya.

Hal baik kudu kami ambil dan mulai berasal dari saat ini kami kudu menggunakan hal ini sebaik-baiknya.

Suhu iklim

Jika suhu iklim sudah cocok dengan yang tanaman harapkan, maka yang dapat kami laksanakan tinggal membangunnya. Kondisi alam yang berubah jadi cekaman atau musim kemarau tiba secara alami tanaman buah itu dapat berbunga.

Musim kemarau biasanya dapat mampir sepanjang 3 bulan, lantas disusul dengan musim hujan yang turun tidak deras dan turun hujannya pun tidak rutin. Dengan kedaan itu, tanaman dapat terangsang untuk tumbuh bunga. Pada pas berbunga usahakan bunga tidak rontok, kemungkinan nanti saya bahas di kesempatan yang dapat mampir untuk menahan bunga sehingga tidak rontok.

Bunga yang tidak rontok nantinya dapat jadi buah, pemeliharaan terhadap tahap ini pasti saja jadi tambah di perketat oleh kita. Dilapangan tidak jarang buah yang mulai tumbuh ini berjatuhan dikala berukuran tetap kecil (masih pentil).

Ketinggian Wilayah

Wilayah yang banyak variasi di indonesia pilih untuk tanaman, namun tenang saja ada jenis-jenis varietas didalam satu model tanaman yang sebenarnya mengatur hidupnya, ini berkat peneliti-peneliti pertanian yang sudah ahli didalam hal genetika.

Wilayah ini terhadap ketinggian masing-masing ada yang menghendaki dataran tinggi dan begitu terhitung sebaliknya tanaman itu terlalu menyukai dataran rendah, jadi tergantung terhadap tanaman buah anda yang dapat di tanam.

Sebaiknya kami tidak memaksakan tanaman untuk ditanam didaerah kami yang sebenarnya tidak menghendaki syarat tumbuh tersebut. Kita fokus terhadap satu tanaman kecuali sebenarnya anda berkebun untuk menambah ekonomi anda.

Ketahui terlebuh dahulu model tanaman dan bagaimana mereka tumbuh.

Syarat tumbuh yang kudu kami penuhi bukan cuma itu saja, kami kudu sadar bahwa tanaman yang kami tanam ini kudu di sediakan makanan mereka seperti unsur hara, curah hujan, situasi air, dan kebutuhan sinar matahari.

Mungkin bahasan ini sudah kami bahas sebelumnya namun buat anda yang baru membaca sebaiknya berasal dari awal lebih-lebih dahulu sehingga sadar maksud berasal dari tulisan ini.

Selengkapnya : https://www.lele.co.id/

Keunggulan serta Kekurangan Lenovo A6000

Lenovo A6000

Keunggulan serta Kekurangan Lenovo A6000

Tren smartphone Android terjangkau nan menggoda terus berlanjut. Kali ini berkunjung dari kubu Lenovo melalui smartphone A6000. Daya tarik smartphone ini ada pada spesifikasi, fitur, dan harga. Dengan CPU quad-core Snapdragon 401, OS Android 4.4.4, dan bantuan dual-SIM bersama jaringan 4G, Lenovo A6000 hanya dibanderol Rp1.499.000.

Lenovo A6000

Kelebihan

Harga rasional. Banderol Rp1.499.000 membuat Lenovo A6000 terhitung dalam jajaran smartphone Android terjangkau. Namun gara-gara memiliki bantuan spesifikasi mumpuni dan fitur 4G, harga yang dimilikinya menjadi jadi semakin terjangkau. Pasalnya selagi ini tetap jarang ditemui smartphone 4G bersama harga Rp1 jutaan.

CPU Snapdragon 410. Biasanya, Android bersama harga Rp1 jutaan dibekali prosesor dari MediaTek. Lain halnya bersama Lenovo A6000 yang memakai prosesor “berkelas” dari Qualcomm, yakni Snapdragon 410. Prosesor quad-core bersama kecepatan 1,2 GHz ini memiliki performa kelas menengah yang memuaskan.

Kami mengujinya memakai AnTuTu Benchmark v5.6.2. Skor yang dihasilkan yakni 20.591 poin. Hasil berikut membuat performanya sejajar bersama Xiaomi Redmi 2 atau ASUS Zenfone 5. Artinya, Anda sanggup menggunakannya untuk kebutuhan multimedia dan game bersama nyaman. Kami terhitung sempat mengujinya bersama mobilisasi game Dead Trigger 2. Game sanggup terjadi bersama baik bersama frame rate yang nyaman untuk dimainkan.

Desain tepat di tangan. Salah satu perihal yang kami sukai dari Lenovo A6000 adalah desainnya. Smartphone ini memiliki layar 5 inci bersama dimensi bodi 14 x 7 cm bersama bobot hanya 128 gram. Di anggota belakangnya terkandung anggota melengkung yang membuatnya nyaman dipegang bersama satu tangan.

Layar colorful. Meski diperuntukkan bagi segmen kelas menengah, layar Lenovo A6000 memiliki kualitas yang baik. Layarnya sanggup menampilkan warna bersama mentereng. Meski resolusi layarnya tetap 720p, smartphone ini tetap asyik digunakan browsing, menonton, atau bermain game.

Baterai sanggup dilepas. Untungnya, Lenovo membekali A6000 bersama baterai 2.300 mAh. Meski tidak tergolong besar, kapasitas berikut memang tetap memenuhi untuk kebutuhan komunikasi dan Internet seharian. Setidaknya Anda memadai isikan lagi baterainya tiap tiap malam saja (sehari sekali). Baterai berikut terhitung sanggup di lepaskan bersama gampang sekiranya setiap saat udah mesti diganti.

Kamera dilangkapi banyak fitur. Lenovo A6000 tetap setia memakai kamera 8 MP. Uniknya, aplikasi kamera bawaan yang dimilikinya memiliki penampilan mirip seperti aplikasi kamera standar dari Google. Aplikasi berikut tawarkan memadai banyak pengaturan, jadi dari ISO (hingga 800), denoise, exposure, white balance, redeye reduction, antibanding, hingga histogram.

Beberapa kali menggunakannya untuk memotret, kami mendapati hasil kameranya tergolong memuaskan. Saat memotret di dalam ruangan tidak benar-benar terang, kameranya sanggup hasilkan gambar bersama noise yang minim. Saat memotret di luar ruangan, hasilnya lebih memuaskan lagi.

Kekurangan

Tombol menu tanpa backlight. Persis seperti ASUS Zenfone 5 dan Xiaomi Redmi 2, tombol menu pada Lenovo A6000 tidak mendapat dukungan backlight. Jika menggunakannya di area gelap, Anda mesti sedikit meraba posisinya kecuali belum terbiasa. Bukan masalah besar, namun sering kadang memadai merepotkan

Kesimpulan

Lenovo A6000 adalah tidak benar satu Android 4G terjangkau yang memiliki spesifikasi berimbang, baik pada prosesor, kamera, hingga baterai. Smartphone ini terhitung memiliki layar yang baik dan handling yang nyaman. Bagi Anda yang berminat memilikinya,Lenovo A6000 dapat dijual secara eksklusif oleh Lazada melalui sistem flash sale.

Selengkapnya : https://www.caraflashandroid.com/cara-hack-wifi-di-android/

Keunggulan serta Kekurangan Lenovo VIBE X2

Lenovo VIBE X2

Keunggulan serta Kekurangan Lenovo VIBE X2

Lenovo meluncurkan Vibe X2 untuk mengamankan posisinya di segmen Android menengah ke atas. Dijual seharga Rp4 jutaan, smartphone bersama dengan bantuan 4G ini miliki kelebihan dari sisi prosesor serta desain yang unik (multi-layered) layaknya kue lapis.

Lenovo VIBE X2

Kelebihan

Desain kotak yang tegas. Berbeda dari Lenovo Vibe X generasi pertama, Vibe X2 kini dirancang bersama dengan desain kotak layaknya jajaran smartphone Xperia Z Series dari Sony. Bagi para pengguna pria, desain selanjutnya lebih disukai gara-gara terkesan tegas. Vibe X2 terhitung miliki tiga lapisan layer pada bodinya bersama dengan warna yang berbeda di tiap-tiap lapisannya. Hal selanjutnya membuatnya terlihat unik.

Kualitas layar mewah. Memandang layar Lenovo Vibe X2 begitu menyenangkan. Layar 5 inci bersama dengan panel IPS yang dimilikinya beresolusi full HD bersama dengan karakteristik glossy. Dengan begitu, layarnya terlihat begitu sempurna bersama dengan warna tajam, cerah, dan lembut di mata.

UI sediakan banyak kustomisasi. Lenovo UI versi 2.0 pada Vibe X2 tawarkan banyak pengaturan. Yang paling kami sukai adalah fitur gesture yang dimilikinya. Anda bisa mengaksesnya lewat menu settings.

Contohnya, Anda bisa segera memotret dari situasi layar mati terkunci bersama dengan menghimpit tombol home sebanyak dua kali. Atau, Anda terhitung bisa segera mengaktifkan aplikasi kamera waktu layar terkunci bersama dengan laksanakan gerakan layaknya mengidamkan memotret, yaitu mengayunkan smartphone 90 derajat dari bawah ke atas bersama dengan posisi landscape.

Lenovo Vibe X2 terhitung ditambah fitur Wide Touch, yaitu sebuah tombol (soft button) layaknya assistive touch punya iPhone yang tetap tersedia di layar. Tombol selanjutnya berguna sebagai jalur pintas untuk membuka utility layaknya kalkulator, musik, kamera, dan lainnya,

Performa komputasi begitu memuaskan. Berbekal CPU octa-core murni MediaTek MT6595m bersama dengan arsitektur BIGLittle, Lenovo Vibe X2 bisa menyatakan performa yang luar biasa. Pengujian AnTuTu Benchmark v5.6.1 yang kami laksanakan menghasilkan skor 46.952 poin.

Sedangkan pengujian grafis memakai 3DMark Ice Storm Unlimited hasilkan skor 13.843 poin. Skor selanjutnya sebabkan performanya bisa diadu bersama dengan smartphone sekelas LG G3, Asus Padfone S, atau Xiaomi Mi4 yang memakai CPU quad-core Snapdragon 801 dari Qualcomm.

Storage lega. Lenovo Vibe X2 memang tidak ditambah slot microSD. Namun, kapasitas storage internalnya udah lebih dari cukup, yaitu 32 GB. Anda bisa meng-install banyak aplikasi serta menaruh beragam musik dan video di dalamnya.

Kekurangan

Sensor kamera tergolong lambat. Kamera utama Lenovo Vibe X2 beresolusi 13 MP, waktu kamera depannya 5 MP. Kualitas jepretannya tergolong baik, terlebih waktu memotret di ruang terbuka. Namun sayangnya, sensor kameranya bekerja lambat, supaya membidik objek (terutama di daerah minim cahaya) jadi jadi sulit. Begitu pula saat hendak memotret objek yang bergerak cepat.

Baterai hanya 2.300 mAh. Untuk menopang CPU octa-core, RAM 2 GB, serta layar 5 inci full HD, baterai berkapasitas 2.300 mAh mengerti kurang mumpuni. Hasilnya, biasanya pemakaian Lenovo Vibe X2 untuk keperluan harian browsing, media sosial, tanpa bermain game hanya bisa bertahan antara 10-12 jam.

Kesimpulan

Untuk urusan performa, Lenovo Vibe X2 adalah jagonya. Smartphone ini bisa jadi lawan yang tangguh untuk smartphone bersama dengan CPU kelas atas Snapdragon 801 dari Qualcomm. Desainnya yang kotak dan bobotnya yang hanya 120 gram terhitung membuatnya jadi beda. Hal yang terlalu disayangkan dari smartphone ini adalah kapasitas baterainya yang hanya 2.300 mAh, jadi kurang memadai.

Pendekatan Saintifik/Ilmiah dalam Proses Pembelajaran

Pendekatan Saintifik/Ilmiah dalam Proses Pembelajaran

Pendekatan Saintifik

Pendekatan Saintifik

 

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengisyaratkan tentang perlunya proses pembelajaran yang dipandu dengan kaidah-kaidah pendekatan saintifik/ilmiah. Upaya penerapan Pendekatan saintifik/ilmiah dalam proses pembelajaran ini sering disebut-sebut sebagai ciri khas dan menjadi kekuatan tersendiri dari keberadaan Kurikulum 2013, yang tentunya menarik untuk dipelajari dan dielaborasi lebih lanjut.
Melalui tulisan ini, saya akan sedikit bercerita tentang pendekatan saintifik/ilmiah dalam proses pembelajaran sebagaimana yang telah saya pahami selama ini. Menurut hemat saya, upaya penerapan pendekatan saintifik/ilmiah dalam proses pembelajaran bukan hal yang aneh dan mengada-ada tetapi memang itulah yang seharusnya terjadi dalam proses pembelajaran, karena sesungguhnya pembelajaran itu sendiri adalah sebuah proses ilmiah (keilmuan).
Banyak para ahli yang meyakini bahwa melalui pendekatan saintifik/ilmiah, selain dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya, juga dapat mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan guna menemukan fakta-fakta dari suatu fenomena atau kejadian. Artinya, dalam proses pembelajaran, siswa dibelajarkan dan dibiasakan untuk menemukan kebenaran ilmiah, bukan diajak untuk beropini apalagi fitnah dalam melihat suatu fenomena. Mereka dilatih untuk mampu berfikir logis, runut dan sistematis, dengan menggunakan kapasistas berfikir tingkat tinggi (High Order Thingking/HOT). Combie White (1997) dalam bukunya yang berjudul “Curriculum Innovation; A Celebration of Classroom Practice” telah mengingatkan kita tentang pentingnya membelajarkan para siswa tentang fakta-fakta. “Tidak ada yang lebih penting, selain  fakta“,  demikian ungkapnya.


Penerapan pendekatan saintifik/ilmiah dalam pembelajaran menuntut adanya perubahan setting dan bentuk pembelajaran tersendiri yang berbeda dengan pembelajaran konvensional. Beberapa metode pembelajaran yang dipandang sejalan dengan prinsip-prinsip pendekatan saintifik/ilmiah, antara lain metode: (1) Problem Based Learning; (2) Project Based Learning; (3) Inkuiri/Inkuiri Sosial; dan (4) Group Investigation. Metode-metode ini berusaha membelajarkan siswa untuk mengenal masalah, merumuskan masalah, mencari solusi  atau menguji  jawaban sementara atas suatu masalah/pertanyaan dengan melakukan penyelidikan (menemukan fakta-fakta melalui penginderaan), pada akhirnya dapat menarik kesimpulan dan menyajikannya secara lisan maupun tulisan.

Pendekatan Saintifik-Ilmiah

Apakah pendekatan saintifik/ilmiah dengan langkah-langkah seperti dikemukakan di atas bisa diterapkan di semua jenjang pendidikan? Jawabannya tentu akan menjadi perdebatan keilmuan, tetapi saya memegang satu teori yang sudah kita kenal yaitu Teori Perkembangan Kognitif dari Piaget yang  mengatakan bahwa mulai usia 11 tahun hingga dewasa (tahap formal-operasional), seorang individu telah memiliki kemampuan mengkoordinasikan baik secara simultan maupun berurutan dua ragam kemampuan kognitif yaitu: (1) Kapasitas menggunakan hipotesis; kemampuan berfikir mengenai sesuatu khususnya dalam hal pemecahan masalah dengan menggunakan anggapan dasar yang relevan dengan lingkungan yang dia respons; dan (2) Kapasitas menggunakan prinsip-prinsip abstrak; kemampuan untuk mempelajari materi-materi pelajaran yang abstrak secara luas dan mendalam.

Dengan demikian, tampaknya pendekatan saintifik/ilmiah dalam pembelajaran sangat mungkin untuk diberikan mulai pada usia tahapan ini. Tentu saja, harus dilakukan secara bertahap, dimulai dari penggunaan hipotesis dan berfikir abstrak yang sederhana, kemudian seiring dengan perkembangan kemampuan berfikirnya dapat ditingkatkan dengan menggunakan hipotesis dan berfikir abstrak yang lebih kompleks.
Sementara itu, Kemendikbud (2013) memberikan konsepsi tersendiri  bahwa pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran didalamnya mencakup komponen: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Komponen-komponen tersebut seyogyanya  dapat dimunculkan dalam setiap praktik pembelajaran,  tetapi bukanlah sebuah siklus pembelajaran.