twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Program Tesis Gugah Kesadaran Sosial Siswa

Program Tesis Gugah Kesadaran Sosial Siswa

Program Tesis Gugah Kesadaran Sosial Siswa

Program Tesis Gugah Kesadaran Sosial Siswa

Kalangan generasi muda belakangan banyak terkontaminasi perkembangan zaman

yang menyebabkan mereka kurang peka dengan kondisi sosial dan masyarakat.

Mencermati kondisi tersebut, SMAN 8 Jakarta mengirimkan siswanya selama tiga hari ke tengah masyarakat untuk menggelar program kegiatan Temu Sosial dan Ilmiah SMA Negeri 8 Jakarta (Tesis).

Kepala Sekolah SMAN 8, Agusman Anwar SPd, mengatakan, kegiatan Tesis yang tekah diselenggarakan sejak tahun 2001, bertujuan meningkatkan kesadaran sosial siswa terhadap lingkungan masyarakat.

“Penyelenggaraan kegiatan Tesis sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada peserta didik,

yang terdiri dari pelatihan dan bimbingan penulisan ilmiah, pengambilan data dengan cara terjun ke lapangan sekaligus melakukan bakti sosial,” kata Agusman Anwar, di Jakarta, Senin (17/12)

Untuk tahun ini, kata Agusman, kegiatan Tesis diikuti oleh 352 siswa kelas XI dimana terdiri dari 8 kelas jurusan IPA dan 1 kelas jurusan IPS. “Tahun ini, Tesis dilakukan di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Ciwidey Bandung, Jawa Barat,” ungkapnya.

Agusman menambahkan, melalui kegiatan ini, para siswa SMAN 8 diharapkan dapat menjadi generasi

penerus yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat.

“Kita ingin menyiapkan generasi mendatang yang cerdas, terampil, tangguh dan peka sosial. Kami bersyukur, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari orang tua siswa,” tegasnya.

Rangkaian kegiatan tesis sendiri terdiri atas pelatihan dan bimbingan penulisan ilmiah, pengambilan sample atau data dengan cara terjun ke lapangan sekaligus melakukan bakti sosial. Lebih dari itu, agar para siswa itu diharapkan menjadi pribadi yang terampil, tangguh dan peka terhadap lingkungan sosial.

“Dari data yang didapat, kemudian dianalisa dan disajikan dalam bentuk tulisan, yang kemudian di presentasikan di depan penguji. Karya ilmiah tersebut dikerjakan secara berkelompok, dimana setiap kelompok beranggotakan 9 siswa,” tambahnya.

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/