twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

UI Umumkan Daftar Kampus Hijau Terbaik Dunia

UI Umumkan Daftar Kampus Hijau Terbaik Dunia

UI Umumkan Daftar Kampus Hijau Terbaik Dunia

UI Umumkan Daftar Kampus Hijau Terbaik Dunia

Universitas Indonesia (UI) mengumumkan Kampus Hijau Terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetric

World University Rankings 2018.

Wageningen University Research, Belanda menjadi juara kampus hijau terbaik di dunia berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings 2018. Torehan ini merupakan kali kedua bagi Wageningen menjadi juara pertama setelah sebelumnya menjadi juara pada ajang yang sama di tahun 2017.

Sedangkan peringkat kedua dan ketiga diraih oleh University of Nottingham, Inggris dan University of California Davis, Amerika Serikat (AS).

Sementara untuk tingkat Indonesia, Universitas Indonesia (UI) kembali meraih predikat Kampus Hijau Terbaik, yang diikuti oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Diponegoro (Undip) pada urutan kedua dan ketiga serta Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat keenam.

Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti, Muhammad Dimyati,

mengapresiasi gelaran UI GreenMetric. Menurutnya, ajang ini menjadi genderang yang mampu diciptakan Indonesia, dimana universitas-universitas di luar negeri mau mengikuti dan UI mampu menjadi trendsetter yang diikuti di seluruh penjuru dunia.

“UI GreenMetric ini perlu terus digaungkan ke seluruh penjuru dunia. Kami berharap kesadaran akan lingkungan yang baik dapat membekali para calon pimpinan yang lahir dari kampus,” ujar Dimyati dalam Acara Penganugerahan UI GreenMetric di Balai Sidang UI, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (19/12).

Ketua UI GreenMetric, Prof Riri Fitri Sari, menuturkan, Wageningen University & Research memiliki keunggulan hampir pada seluruh kriteria dalam UI GreenMetric, yakni pada tiga kriteria yaitu Pengelolaan Limbah, Pengelolaan Air, dan Pendidikan sehingga mampu membawa universitas di Belanda tersebut kembali meraih predikat perguruan tinggi hijau terbaik nomor satu dunia.

Sedangkan University of Nottingham menunjukkan keunggulannya pada kriteria Energi

dan Perubahan Iklim karena memiliki 4 sumber energi terbarukan, yaitu clean biomass, solar cell, geothermal, combine heat and power dan pengelolaan smart-eco building yang sudah mencapai lebih dari 75 persen.

Prof Riri memaparkan, dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau, dimana tahun ini mencapai 719 universitas dari 81 negara di dunia. Sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 619 Perguruan Tinggi dari 76 negara.

“Pemeringkatan UI GreenMetric of World Universities dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’E) dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15 persen), Energi dan Perubahan Iklim (21 persen), Pengelolaan Sampah (18 persen), Penggunaan Air (10 persen), Transportasi (18 persen), dan Pendidikan (18 persen).

Rektor UI, Muhammad Anis, menuturkan, UI mengambil peran untuk meningkatkan upaya keberlanjutan lingkungan hidup di lingkungan global melalui UI GreenMetric.

 

Baca Juga :