twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Mendikbud: Zonasi juga Berlaku untuk Guru

Mendikbud: Zonasi juga Berlaku untuk Guru

Mendikbud Zonasi juga Berlaku untuk Guru

Mendikbud Zonasi juga Berlaku untuk Guru

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy

menilai, kebijakan zonasi merupakan bentuk implementasi Sila ke-5 Pancasila, yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Keadilan ini bukan dikhususkan bagi siswa, tapi juga untuk guru karena guru pun akan dirotasi.

“Guru harus mengakomodasi semua siswa. Tidak hanya mengajar yang pintar, tapi juga mengajar siswa yang tidak pintar menjadi pintar. Itu baru guru profesional,” jelas Mendikbud, saat menjadi pembicara pada acara diskusi bertajuk “Menakar Sisi Positif dan Negatif Zonasi Sekolah” di Gedung Nusantara I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Jakarta, Selasa (2/7/2019) seperti diwartaka

Mendikbud mengatakan, negara maju yang telah lebih dulu menerapkan sistem zonasi

adalah Jepang. Jepang merupakan negara dengan sistem pendidikan zonasi terbaik. Meski dalam proses pemerataan zonasi, Jepang membutuhkan waktu sekitar 30 tahun, namun hal itu menjadikan kualitas pendidikan di Jepang saat ini bagus dan merata.

Hal senada diungkapkan pakar pendidikan, Fasli Jalal. Ia mengapresiasi Mendikbud yang berani mengeluarkan peraturan baru terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan zonasi. Faisal mengatakan, penerapan sistem zonasi merupakan upaya meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan yang baik.

Kendati demikian, Fasli menyatakan, bagian penting dalam pemerataan mutu pendidikan

adalah guru dan siswanya. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan kementerian terkait lainnya harus berusaha maksimal dalam pengelolaan dan pengawasan dana pendidikan di daerah-daerah.

“Kemendagri perlu memastikan dalam beberapa tahun ke depan terkait sirkulasi guru yang berkualitas baik ini dipindahkan, diberikan motivasi dan promosi sehingga guru-guru yang baik nantinya tidak malu-malu atau merasa heroik ketika dipindahkan ke sekolah yang bukan unggulan. Itu mesti kita carikan solusinya,” ujar Mantan Wakil Menteri Pendidikan ini.***

 

Sumber :

https://weareglory.com/sholat-tarawih/