twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Lokalisasi budaya bahasa

Table of Contents

Lokalisasi budaya bahasa

LokalisasiLokalisasi budaya bahasa budaya bahasa

Lokalisasi budaya bahasa

Bahasa mengalami proses stylization yang mana sentuhan gaya dalam bahasa jauh lebih dominan dibandingkan aturan-aturan normatif dalam penggunaann bahasa. Dalam konteks ini bahasa ditempatkan sebagai asesoris pemanis dalam komunikasi yang bersifat umumnyadengan menggunakan nasional.

Proses privatisasi bahasa nusantara yang tampak dalam menggunakan bahasadengan cara yang spesifik yang berlangsung pada kelompok tertentu. Bahasa daerah telah ditempatkan sebagai bahasa yang khas kemudian diambil untuk membangun kembali batas-batas yang runtuh pada saat bahasa indonesia mendominasi.

Proses melemahnya fungsi kontrol bahasa kreadibilitas bahasa yang berkurang. Pada saat bahasa daerah tidak lagi mampu memberi nama fenomena sosial maka ia tidak layak dipakai dan kreadibiliotasnya pada saat bahasa tidak lagi efektif untuk komunnikasi antar orang secara luaskarena efektifitasnya yang terbatas pada kelompok dan kelas tertentu.

Ketiga kecenderungan ini memperlihatkan proses lokalisasi bahasa nusantara secara meluas yang merupakan proses peminggiran bahasa dari suatu wacanadominan akibat pembentukan hegemoni bahasa Indonesia.

Sumber : https://jalantikus.app/