twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Administrasi sebagai pekerjaan

Administrasi sebagai pekerjaan

Administrasi sebagai pekerjaan

Administrasi sebagai pekerjaan

Seseorang ketika berpikir untuk menghayati dan berusaha mengerti terhadap sesuatu permasalahan administrasi, maka orang bersangkutan berpikir tentang rangkaian teori dalam pengembangan ilmu administrasi. Tetapi ketika seorang berpikir untuk melaksanakan sesuatu kegiatan yang ada kaitannya dengan administrasi, maka orang itu berpikir dan melaksanakan profesi atau pekerjaan administrasi. Proses administrasi dimaknai sebagai pola pemikiran dan rangkaian kegiatan untuk pencapaian suatu hasil tertentu dengan professional sesuai tuntutan kegiatan yang harus dilakukan, sehingga hasil yang diinginkan terwujud.

Administrasi berfungsi untuk menemukan pembagian kerja dalam bermacam-macam karakteristik manusia yang berbeda antara satu dengan lainnya. Kemampuan seorang administrator adalm menentukan tujuan lazimnya mempertahankan bentuk moralitas administrasi berdasarkan rasionalitas pembagian kerja dalam suatu organisasi, walaupun kadang tidak terhindarkan pembagian kerja yang dipaksakan karena dipengaruhi oleh berbagai variable yang subjektif terhadap administrator yang bersangkutan.

Manusia bekerja sebagai profesi didorong oleh dua jenis motif. Pertama, motif yang mengutamakan hasil yang dicapai dengan mengabaikan nilai-nilai moralitas walaupun dalam mencapai hasil itu senantiasa mengatasnamakan ajaran moral, ajaran agama, dan ajaran etika, tetapi setelah mencapai hasil yang diinginkan ajaran agama, moral, dan etika ditinggalkan. Motif kedua mengutamakan ajaran moralitas, agama, dan etika secara konsisten serta senantiasa berusaha menghindari biusan jabatan, rupiah, harta, dan semacamnya. Pekerjaan administrasi dapat diselesaikan secara efektif apabila seluruh pekerja secara berjenjang dapat memahami struktur pekerjaan masing-masing dalam suatu organisasi. Setiap posisi pekerja dalam suatu organisasi selalu membutuhkan tehnik dan metode antara posisi pekerjaan yang satu dengan posisi pekerjaan yang lainnya.