twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Pemprov Jatim Wacanakan Durasi Sekolah SMA/SMK Ditempuh 4 Tahun

Pemprov Jatim Wacanakan Durasi Sekolah SMA/SMK Ditempuh 4 Tahun

Pemprov Jatim Wacanakan Durasi Sekolah SMA SMK Ditempuh 4 Tahun

Pemprov Jatim Wacanakan Durasi Sekolah SMA SMK Ditempuh 4 Tahun

Pemerintah Provinsi Jatim akan menjadikan durasi pendidikan untuk SMA/SMK bertambah satu tahun

atau dengan kata lain jenjang SMA/SMK akan ditempuh selama 4 tahun. Wacana ini menjadi kajian yang serius bagi Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Program yang diwacanakan Gubernur Khofifah, bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan yang berguna bagi lulusan dalam menghadapi dunia kerja. Tambahan durasi pendidikan selama satu tahun merupakan penerapan program inkubasi.

Sekretaris Dindik Jatim Ramliyanto mengatakan, rencana Gubernur Khofifah dalam penerapan

pendidikan empat tahun tidak lain karena pihaknya ingin membekali siswa dengan dua hal. Yakni keterampilan teknis dan atribut personal. Dalam artian, siswa akan dibekali berbagai bidang sesuai dengan kemampuannya guna menyesuaikan dalam dunia kerja atau industri.

“Banyak anak-anak kita kemamouannya sudah oke. Bahkan sudah mendapatkan sertifikat dari LSP

(lembaga sertifikasi profesi). Tapi ketika masuk dunia kerja ndak bisa kerjasama, ndak bisa mngehadapi tantangan dan ndak bisa hidup dengan kelompok yang berbeda. Oleh karena itu di inkubasi ini dua hal itu dikuatkan,” jelasnya, Senin (4/11/2019).

Progam inkubasi ini pun masih terus dikaji secara desain dan konsep yang akan diterapkan dalam pendidikan empat tahun bagi jenjang SMA/SMK di Jawa Timur itu. “SMK sudah ada petunjuknya, kalau SMA ini berupa konsep, bentuknya nanti inkubasi,” tutur dia.

 

Baca Juga :