twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

5 Manfaat Mengelola Data Karyawan dengan Aman melalui Aplikasi HR

5 Manfaat Mengelola Data Karyawan dengan Aman melalui Aplikasi HR

5 Manfaat Mengelola Data Karyawan dengan Aman melalui Aplikasi HR

5 Manfaat Mengelola Data Karyawan dengan Aman melalui Aplikasi HR

Mengelola data karyawan dengan baik merupakan salah satu tugas HR yang tidak bisa dianggap remeh. Banyaknya karyawan dan informasi didalamnya menjadi satu tantangan tersendiri bagi HR.

Data karyawan berisi banyak informasi, bukan hanya informasi mengenai data diri karyawan, namun juga informasi terkait hal-hal penting dan bersifat rahasia, seperti jumlah gaji dan nomor rekening, data keluarga, dan masih banyak lagi.
Muat Lebih

Lima Fitur Tersembunyi di WA yang Jarang diketahui PenggunaAplikasi Edit Foto

Terbaik dan Terpopuler Untuk AndroidMengenal Prixa, Startup Kesehatan Pesaing Halodoc dan Alodokter

Banyaknya data karyawan yang harus dikelola perusahaan terkadang juga menjadi satu masalah bagi HR mulai dari salah mencatat informasi hingga ruang penyimpanan. Terlebih jika perusahaan Anda masih menyimpan data secara konvensional dengan kertas.

Belum lagi jika dokumen yang dibutuhkan susah dicari atau rusak karena dimakan usia. Penyimpanan konvensional juga rentan akan risiko human error dari karyawan Anda. Maka dari itu, saat ini banyak perusahaan yang menyimpan dan mengelola data karyawan menggunakan aplikasi HR berbasis cloud.

Beberapa dari mereka meragukan sistem aplikasi karyawan tersebut karena masalah keamanan. Padahal teknologi yang digunakan dirancang untuk tidak mudah disalahgunakan pihak lain.
Baca Juga : Mirip WhatsApp, Fitur Baru Line Ini Bisa Hapus Pesan Yang Sudah Terlanjur Terkirim

Namun hal tersebut membuktikan bahwa menjaga keamanan data karyawan adalah tugas penting.

Tidak hanya tugas Anda sebagai HR, namun juga tugas perusahaan sebagai pemilik data. Karena begitu pentingnya data-data tersebut.

Bagi Anda yang masih belum memahami pentingnya data karyawan, di bawah ini adalah beberapa alasan penting kenapa data karyawan harus dikelola dengan aman?

Mencegah Penyalahgunaan Data

Sebagai perusahaan yang memiliki banyak data karyawan, bisa jadi terdapat orang-orang tidak bertanggung jawab akan mengincar data tersebut. Data karyawan dapat disalahgunakan untuk kepentingan-kepentingan mereka.

Contoh kasusnya seperti ada orang yang butuh nama dan identitas seseorang sebagai jaminan

melakukan utang di bank. Padahal tidak ada hubungan apapun antara peminjam uang dan pemilik identitas yang diserahkan ke bank.

Itulah kenapa data karyawan harus dikelola dengan aman dan membatasi pihak mana saja yang dapat mengaksesnya.

Memastikan Keamanan Pembayaran Gaji

Saat ini banyak kasus, banyak penipuan yang mengatasnamakan pihak resmi atau formal dengan meminta nomor rekening dan informasi penting lainnya. Hal ini dapat menyebabkan rekening karyawan tersebut diretas oleh penipu sehingga saldo mereka terkuras habis.

Namun, jika data karyawan dikelola dengan aman, baik nomor rekening maupun saldo karyawan tidak akan diketahui oleh orang-orang jahat. Termasuk isi slip gaji, hanya HR perusahaan dan karyawan yang bersangkutan yang mengetahuinya.

 

Baca Juga :