twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Mitos Tentang Rokok

Table of Contents

Mitos Tentang Rokok

Mitos Tentang Rokok

Mitos Tentang Rokok

Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok. Berikut adalah mitos-mitos rokok yang salah:

1. Merokok itu keren dan modern.
Yang benar adalah merokok membuat gigi kuning, kulit keriput, mata merah dan nafas bau. Apakah ini tandanya keren dan modern?

2. Kamu enggak ingin ketinggalan zaman sebab sekarang semua orang merokok.
Yang benar adalah hanya satu diantara lima siswa SMU adalah perokok, tetaplah pada pendirianmu, beranikah untuk mengatakan “tidak”. Mereka akan mengagumimu “PD” kamu dan kamu pastinya bangga juga.

3. Kamu masih muda bisa berhenti kapan saja kamu mau.
Yang benar adalah sekali kamu mencoba merokok, sulit untuk berhenti karena nikotin adalah zat adiktif. Kenyataannya adalah sebagian besar perokok berat, mulai merokok pada usia remaja dan mereka sulit untuk berhenti.

4. Merokok membuat kamu seksi.
Pernah dengar? Mencium perokok seperti mencium asbak! Belum lagi rambut dan baju kamu berbau seperti cerobong asap.

5. Merokok menjadi badan langsing.
Kalau ini benar, kamu nggak pernah melihat orang gemuk merokok dong! Buktinya, perokok bisa gemuk atau kurus.

6. Merokok bukan masalah dan tidak akan mematikan.
Yang benar adalah, walaupun dibutuhkan waktu 10 – 20 tahun , tetap terbukti rokok mengakibatkan 80% terjadinya kanker paru dan 50% terjadinya serangan jantung, disamping berbagai kanker lainnya, impotensi, gangguan kesuburan dan lain-lain.

7. Kalau sedikit tidak apa-apa.
Yang benar adalah : Berapa isapan saja sudah meningkatkan denyut jantung , tekanan darah , kekurangan oksigen, nafas tersengal-sengal, batuk, mual, sakit kepala. 43% dari orang yang merokok 3 batang saja sehari, sudah dapat menimbulkan ketagihan dan meningkatkan resiko serangan jantung 2-3 kali dibandingkan yang tidak merokok.

8. Kalau kamu kuat dan mandiri , tidak seorangpun bisa mengatur kamu untuk tidak merokok.
Yang benar adalah : Kebebasan dan kedewasaan berarti bisa memutuskan sendiri apa yang baik bagi diri sendiri berdasarkan logika dan nalar yang benar , tidak harus ikut-ikutan.

9. Merokok pasti tidak jelek, buktinya diiklankan secara luas dimana-mana.
Apa kamu nggak sadar bahwa tanpa keuntungan yang aduhai, iklan rokok akan rela menginvestasikan modalnya buat prosi bermilyar-milyar? Dari mana untungnya? Ya dari ketagihan kamu itu!

10. Masa iya iklan rokok akan berbohong.
Sekarang begini saja, beli permen yang biasa diecer pun ada tulisan daftar kandungan isi dibungkusnya. Apalagi rokok yang komoditasnya mendunia. Apa kamu pernah lihat daftar kandungan bahan berbahaya di bungkus atau iklan rokok?

11. Emang kenapa kalau merokok? Lagian kan MURAH!
Faktanya, jika Anda tidak merokok dalam 1 tahun, anda bisa menghemat 3 JUTA rupiah! Ga percaya?? Hitung sendiri.

Baca Juga :