twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Sakit Kepala: Penyebab, Jenis, dan Pengobatan

Sakit Kepala: Penyebab, Jenis, dan Pengobatan

Sebagian besar penduduk di dunia tentu dulu merasakan sakit kepala meskipun cuma satu kali. Penyakit ini apalagi jadi type penyakit langganan terhadap lebih dari satu orang. Apakah Anda juga sering merasakan kondisi ini? Baca tetap untuk menemukan penyebab, jenis-jenis, langkah menghilangkan, dan lebih dari satu Info tentang lainnya.

Apa Itu Sakit Kepala?
Sakit kepala adalah rasa sakit atau sensasi tidak nyaman di area kepala dan sekitarnya. Lokasi titik nyeri kepala cukup beragam. Rasa sakit sanggup nampak di satu segi kepala, dua sisi, menyeluruh, atau satu titik saja.

Rasa sakit yang dirasakan seluruh orang belum tentu serupa sensasinya. Ada sakit dengan sensasi berdenyut, sensasi menusuk, sensasi berputar, dan lainnya. Selain itu, terkandung juga yang rasa sakitnya nampak secara mendadak dan tersedia pula yang bertahap.

Pada umumnya, kondisi ini cuma merasa sekitar 1 jam dan kebanyakan tidak mengindikasikan penyakit yang serius. Namun, tidak sedikit pula yang dirasakan sampai berhari-hari. Sebaiknya, Anda berhati-hati kecuali kondisi ini terjadi dalam jangka pas lama dan dengan frekuensi tinggi.

Gejala Sakit Kepala
Nyeri kepala dengan type yang berbeda kebanyakan menghasilkan sensasi sakit yang berbeda dan gejala-gejala lain yang membarenginya juga bakal berbeda.

Berikut adalah lebih dari satu gejala yang sering tentang dengan kondisi ini:

Mual
Muntah
Sensitivitas mata terhadap cahaya
Pusing
Sensasi berputar
Kulit kepala sakit disaat disentuh
Sesak di kepala
Gejala di atas tidak selamanya nampak bersamaan, tetapi tergantung terhadap jenisnya masing-masing.

Penyebab Sakit Kepala
Terdapat banyak perihal yang sanggup membuat kondisi ini. Secara umum kecuali menyaksikan terhadap jenisnya, kondisi dibedakan jadi dua yaitu primer dan sekunder.

Sakit kepala primer adalah penyakit yang berdiri sendiri bukan disebabkan kondisi medis lain. Penyebab sakit type ini pada lain seperti kesibukan fisik terlalu berlebih atau persoalan terhadap susunan kepala yang peka terhadap rasa sakit.

Sakit kepala sekunder disebabkan oleh kondisi medis lain yang merangsang saraf yang peka terhadap rasa sakit di kepala. Hal ini membuat kondisi ini jadi salah satu gejala berasal dari penyakit tersebut.

Diagnosis Sakit Kepala
Dokter bakal menanyakan terhadap pasien berkenaan gejala yang dialami. Umumnya kondisi ini sanggup didiagnosis berdasarkan gambaran kondisi, type rasa sakit, serta pas dan pola serangan. Jika kondisi dicurigai lebih serius, dokter juga sanggup merekomendasikan lebih dari satu pemeriksaan lain seperti:

Tes darah
Pemeriksaan sinar-X
Pemindaian dengan CT scan dan MRI
Umumnya kondisi ini tidak serius. Meskipun begitu, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter apabila merasakan gejala yang berulang dan merasa mengganggu kesibukan Anda.

Jenis-Jenis Sakit Kepala
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, secara umum kondisi ini terbagi jadi dua yaitu primer dan sekunder.

Sakit Kepala Primer
Jenis ini tidak disebabkan sebab type penyakit tertentu. Kondisi ini kebanyakan nampak sebab terdapatnya sensitivitas nyeri bagian spesifik di dalam kepala terhadap kesibukan kimia otak.

Beberapa bagian yang cukup peka terhadap kesibukan kimia di otak di antaranya adalah sel-sel saraf, pembuluh darah, otot-otot, dan lainnya. Pada lebih dari satu persoalan dengan persoalan medis bawaan, kesempatan terjadinya kondisi ini lebih tinggi.

Ada lebih dari satu segi risiko terhadap kondisi ini seperti:

Pola diet buruk
Pola tidur yang tidak teratur
Kebiasaan minum alkohol
Postur tubuh yang buruk
Depresi
Jenis sakit primer yang paling umum terjadi adalah sebagai selanjutnya ini:

1. Migrain dengan Aura
Migrain adalah sakit terhadap salah satu sisi, sanggup cuma bagian kanan atau cuma bagian kiri. Jenis migrain dengan aura kebanyakan ditandai dengan gejala neurologis lainnya.

Gejala migrain dengan aura, seperti kelelahan otot-otot leher, nyeri leher, dan sering menguap. Migrain dengan aura sering terjadi secara berulang (kurang 5 menit sekali) dan sanggup bertahan dalam lebih dari satu menit (5 menit-1 jam).

2. Migrain tanpa Aura
Migrain tanpa aura terjadi lebih lama dibanding migrain dengan aura, yaitu sanggup mencapai 4-72 jam. Gejala migrain tanpa aura miliki sensasi berdenyut, mual, muntah, dan bakal makin tambah nyeri kecuali beraktivitas fisik rutin.

3. Tension Headaches
Tension headache atau type tegang adalah salah satu yang paling sering terjadi terhadap banyak orang. Ada orang yang miliki type sakit yang jarang dan juga sering. Tipe jarang cuma terjadi tidak cukup berasal dari 1 hari per bulan.

Pada nyeri kepala tegang yang jarang, sensasi nyeri cukup menekan, dengan tingkat mudah sampai sedang dan terjadi selama lebih dari satu menit sampai hari. Rasa sakitnya tidak tentang dengan kesibukan fisik rutin.

4. Cluster Headache
Selanjutnya adalah cluster headache atau type klaster. Jenis ini miliki tingkat serangan yang berat, terjadi sekitar 15 menit sampai 3 jam, dan sanggup terjadi merasa berasal dari 1-8 kali dalam sehari.

Gejala yang sanggup menyertai berasal dari kondisi ini diantaranya hidung tersumbat, konjungtivitis (mata merah), pembengkakan kelopak mata, keringat terhadap dahi atau wajah, kegelisahan, dan lainnya.

Sakit Kepala Sekunder
Kondisi ini disebabkan sebab terdapatnya penyakit atau persoalan medis lain yang diderita. Penyakit atau persoalan medis selanjutnya meningkatkan tekanan di dalam rongga kepala.

Berikut ini adalah lebih dari satu penyebab type ini:

Gangguan pembuluh darah terhadap kranial atau servikal
Gangguan non pembuluh darah terhadap intrakranial
Trauma atau syok terhadap kepala atau leher
Infeksi
Tumor atau kanker otak
Gangguan terhadap keseimbangan darah
Nyeri muka sebab persoalan terhadap mata, telinga, hidung, rongga sinus, gigi, dan lainnya
Gangguan psikiatri
Pengobatan Sakit Kepala
Cara mengatasi sakit kepala berbeda-beda, yaitu tergantung dengan jenis, penyebab, dan gejalanya.

Beberapa langkah menyingkirkan sakit kepala yang umum untuk ditunaikan adalah dengan tidur atau istirahat, pemijatan, dan minum obat sakit kepala atau obat pereda nyeri.

Namun, terhadap type sekunder, langkah menyingkirkan kondisi ini semestinya disertai dengan mengatasi penyakit utama yang jadi penyebab. Sebagai umpama kasus, kecuali kondisi ini terjadi sebab penyakit infeksi, maka Anda wajib menyembuhkan penyakit infeksi selanjutnya sambil meredakannya.

Pengobatan bakal percuma kecuali Anda tidak mengatasi penyebab utama berasal dari kondisi ini. Berkonsultasilah dengan dokter untuk memperoleh himbauan langkah menyingkirkan kondisi ini dengan langkah yang paling tepat.

Artikel Lainnya : https://penjaskes.co.id/10-teknik-dasar-sepak-bola/

Baca Juga :