twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Sedia Payung sebelum Hujan dengan Teknologi

Sedia Payung sebelum Hujan dengan Teknologi

Sedia Payung sebelum Hujan dengan Teknologi

Sedia Payung sebelum Hujan dengan Teknologi

MEMASUKI musim penghujan banyak orang waswas bila hendak bepergian. Mereka khawatir daerah yang dilalui terkena banjir. Namun, saat ini Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk mencari tahu daerah mana saja yang sedang dilanda banjir.

Masyarakat dapat memanfaatkan teknologi dengan mengunduh beragam aplikasi mobile yang memberi informasi dan peringatan dini tentang kondisi cuaca maupun bencana di berbagai wilayah.

Salah satu aplikasi yang memberikan informasi banjir adalah Pantau Banjir

yang dikembangkan Pemprov DKI Jakarta. Aplikasi berukuran 4,3 MB itu dapat diunduh di Playstore dan cukup lengkap menyajikan informasi seputar banjir, status pintu air, pos pengamatan, maupun kondisi pompa air di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Pada menu Report, pengguna disuguhi laporan-laporan mengenai wilayah-wilayah yang tergenang

banjir beserta ketinggiannya. Pengguna pun dapat mengecek laporan sesuai dengan tanggal yang diinginkan. Di menu Pintu Air, pengguna disuguhi informasi ketinggian air di setiap pintu air yang ada di Jakarta, beserta dengan tingkatan statusnya. Menu Pompa berisikan informasi jumlah pompa aktif dan mati di setiap wilayah yang memiliki pompa air.

Aplikasi lainnya yang patut Anda instal di smartphone adalah Info BMKG.

Aplikasi buatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tersebut sudah diunduh 1 juta kali. Pada aplikasi tersebut, informasi yang disuguhkan sangat lengkap dan bersifat nasional karena seluruh informasi cuaca, iklim, dan gempa bumi dari seluruh provinsi tersaji dengan apik.

 

Baca Juga :