twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Cara Ngecas Baterai Smartphone yang Benar

Cara Ngecas Baterai Smartphone yang Benar

Cara Ngecas Baterai Smartphone yang Benar

Cara Ngecas Baterai Smartphone yang Benar

Baterai merupakan salah satu komponen yang penting pada ponsel, karena tanpa baterai smartphone tidak akan menyala. Masalahnya, dari beberapa komponen ponsel pintar lainnya, baterai lah yang sering diganti, baik itu rusak atau lainnya.

Biasanya, baterai yang diganti itu karena sudah kembung atau saat mengecas

tidak masuk. Kemungkinan besar hal tersebut disebabkan karena tidak melakukan dengan benar saat mengisi daya.

Apabila salah saat menggunakan serta proses pengisian daya, maka baterai menjadi tidak awet, atau kemampuannya menjadi berkurang. Akibatnya, ketika smartphone dipakai sebentar, daya baterai sudah habis dan tentu itu akan mengganggu Anda dalam menggunakan ponsel pintar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda cara ngecas baterai smartphone yang benar, supaya baterai tetap awet atau bertahan lama. Lalu, bagaimana sebenarnya cara ngecas baterai smartphone yang benar? Berikut ulasannya yang HR rangkum dari berbagai sumber.

# Memakai charger bawaan/orisinal

Kesalahan mendasar bagi yang memiliki smartphone adalah saat mengisi daya

dengan menggunakan charger bukan bawaan atau aslinya. Hal tersebut sering dilakukan ketika bepergian dan tidak membawa charger, sehingga harus pinjam ke orang lain.

Padahal, charger orisinal tersebut sudah diatur sesuai dengan kapasitas baik besaran ampere. Setiap charger dibekali dengan ampere yang berbeda-beda, ada yang arusnya 1 ampere (A) atau 2A. Meski saat mengecas menggunakan charger yang bukan aslinya dan baterai bisa diisi, tapi jika dilakukan dengan lama malah akan merusak baterai bahkan smartphone.

Sehingga cara paling aman adalah memakai charger bawaan. Dan apabila

ingin pinjam charger ke orang lain, maka cek terlebih dulu ampere dan voltasenya.

# Jangan tunggu daya baterai habis

Biasanya smartphone akan diberi ‘jadwal’ jika daya baterai tinggal sedikit lagi. Apabila sudah ada peringatan dari ponsel untuk mengisi daya, maka disarankan secepatnya lakukan hal tersebut.

 

sumber :

https://imii.co.id/