twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Perencanaan Strategis Sumber Daya Informasi

Perencanaan Strategis Sumber Daya Informasi

Perencanaan Strategis Sumber Daya Informasi

Perencanaan strategis merupakan

perencanaan jangka panjang yang meidentifikasikan tujuan-tujuan yang akan memberikn posisi yang paling menguntungkan bagi perusahaan dalam lingkungannya, serta menentukan strategi pada manajemen tingkat atas untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Suatu perencanaan strategis area fungsional menjadi tanggung jawab setiap area fungsional secara independent. Rencana fungsional ini merinci tentang bagaimana area-area tersebut akan mendukung perusahaan saat persahaan bekerja menuju tujuan strategisnya. Oleh karna itu, semua area fungsional harus bekerja sama dalam proses perencanaan strategis mereka.

Isi rencana strategis sumber daya informasi secara umum memuat topik utama mengenai dua hal, yaitu:

  1. Tujuan-tujuan yang akan dicapai oleh tiap subsistem CBIS selama periode tertentu jangka waktu perencanaaan.
  2. Rincian keterangan mengenai sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Perhatian seksama perlu diberikan pada para pemakai yang diharapkan dapat berperan dalam mengembangkan sebagian atau keseluruhan bagian pekerjaan pengembangan sistem informasi (end user computing).

Beberapa manfaat dapat diperoleh dari peran EUC, antara lain:

  1. Pemindahan beban kerja spesialis informasi, sehingga dapat berknsentrasi pada sistem yang kompleks dalam lingkungan organisasi.
  2. Mengurangi kesenjangan komunikasi, hal ini terjadi karna pemakai akhir tahun persis area permasalahan yang dihadapi tetapi tidak paham teknologi komputer sebaliknya spesialis komputer adalah pakar dalam teknologi tetapi kurang mengasai area permasalahan. Dengan membiakran pemakai mengembangkan sendiri aplikasinya, maka tidak perlu komunikasi.

Di sisi lain, EUC akan mempunyai resiko, antara lain:

  1. Sasaran yang buruk
  2. Desain dan dokumentasi yang buruk
  3. Penggunaan sumber daya yang tidak efisien
  4. Hilangnya integritas data
  5. Hilangnya keamanan data

            Dari semuanya itu, maka EUC harus ditempatkan pada  suatu prespektif dimana rencana strategis memungkinkan semakin tumbuh berkembangnya EUC sekaligus menerapkan sutu sistem pengendalian yang baik.


Sumber: https://infinidb.org/skilltwins-football-game-apk/