twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

KEBUTUHAN PESERTA DIDIK

KEBUTUHAN PESERTA DIDIK

KEBUTUHAN PESERTA DIDIK

Kebutuhan peserta didik adalah suatu kebutuhan yang harus didapatkan oleh peserta didik untuk mendapatkan kedewasaan ilmu, kebutuhan peserta didik tersebut wajib dipenuhi atau diberikan oleh pendidik kepada peserta didiknya. Menurut Ramayulis, ada delapan kebutuhan peserta didik yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Kebutuhan Fisik

Fisik seorang anak didik selalu mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Proses pertumbuhan ini terbagi menjadi tiga tahapan yaitu:

  1. Peserta didik  pada usia 0-7 tahun

Pada masa ini adalah peserta didik masih mengalami masa kanak-kanak.

  1. Peserta didik pada usia 7-14 tahun

Pada usia ini biasanya peserta didik tengah mengalami masa sekolah yang didukung oleh peralihan pendidikan formal.

  1. Peserta didik pada usia 14-21 tahun

Pada masa ini peserta didik mulai mengalami masa puberitas yang akan membawa kepada kedewasaan.

  1. Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan masyarakat lingkungan. Begitu juga supaya dapat diterima oleh orang yang lebih tinggi dari dia. Seperti orang tuanya, guru-guru nya dan pemimpinnya. Kebutuhan ini perlu agar peserta didik dapat memperoleh kebutuhan ini perlu agar peserta didik dapat memperoleh posisi dan berprestasi dalam pendidikan.

  1. Kebutuhan Untuk Mendapatkan Status

Dalam proses kebutuhan ini biasanya seorang peserta didik ingin menjadi orang yang dapat dibanggakan atau dapat menjadi seorang yang benar-benar berguna dan dapat berbaur secara sempurna didalam sebuah lingkungan masyarakat.

  1. Kebutuhan Mandiri

Kebutuhan mandiri pada dasarnya memiliki tujuan utama yaitu untuk menghindarkan sifat pemberontak pada diri peserta didik, serta menghilangkan rasa tidak paus akan kepercayaan dari orang tua atau pendidik, karena ketika seorang peserta didik terlalu mendapatkan kekangan akan sangat hambat daya kreatifitas dan kepercayaan diri untuk berkembang.

  1. Kebutuhan Untuk Berprestasi

Untuk mendapatkan kebutuhan ini, maka peserta didik harus mampu mendapatkan kebutuhan, mendapatkan status dan kebutuhan mandiri terlebih dahulu. Karena kedua hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kebutuhan berprestasi. Ketika peserta didik telah mendapatkan kedua kebutuhan tersebut, maka secara langsung peserta didik akan mampu mendapatkan rasa kepercayaan diri dan kemandirian. Kedua hal inilah yang akan menuntut langkah peserta didik untuk mendapatkan prestasi.

  1. Kebutuhan Ingin Disayangi Dan Dicintai

Rasa ingin dicintai dan disayangi merupakan kebutuhan yang esensial, karena dengan terpenuhinya kebutuhan ini akan mempengaruhi sikap mental peserta didik. Banyak anak-anak yang tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tua, guru dan lainnya mengalami prestasi dalam hidup. Dalam agama cinta kasih sayang paling tinggi diharapkan dari Allah SWT. Itu sebabnya setiap orang berusaha mencari kasih sayang dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  1. Kebutuhan Untuk Curhat

Kebutuhan peserta didik untuk mencurahkan isi hatinya, biasanya ditujukan untuk mengurangi beban masalah yang peserta didik hadapi. Pada hakikatnya ketika seorang yang tengah mengalami masa pubertas, membutuhkan seorang yang dapat berbagi atau curhat. Sebaliknya jika peserta didik tidak mendapatkan kesempatan untuk membicarakan masalah yang dihadapi peserta didik sehingga muncul tingkah laku yang bersifat negatif dan perilaku menyimpang.


Baca Juga :