twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Pembibitan Kelapa Sawit Dua Tahap

Pembibitan Kelapa Sawit Dua Tahap

Pembibitan Kelapa Sawit Dua Tahap

Dikenal dua model pembibitan kelapa sawit, yaitu pembibitan satu tahap dan pembibitan dua tahap. Pembibitan bertujuan untuk menghasilkan bibit yang sehat untuk digunakan dalam penanaman di lapangan. Adapun pembibitan ini diawali dengan penanaman kecambah pada pembibitan awal (pre nursery) yang kemudian kecambah akan dipindahkan ke pembibitan utama (main nursery).
Pembibitan dua tahap menawarkan keunggulan dimana bibit dapat memperoleh perhatian dan perawatan yang lebih intensif selama periode pertumbuhan awal selama satu bulan yang amat kritis. Selain itu, dengan metode pembibitan dua tahap akan dibutuhkan lebih sedikit sumber daya untuk pembibitan utama.
Pada awal pembibitan dua tahap, pertama-tama kecambah akan ditanam dalam polibeg kecil yang diletakkan di bedengan khusus. Setelah mencapai jangka waktu tertentu (10-14 minggu), kecambah-kecambah tersebut akan dipindahkan (transplanting) ke polibeg yang lebih besar dan memasuki tahap pembibitan utama.

Individual Behaviour

Menurut McShane (2003, pp.38), behaviour seseorang sangat menentukan unjuk kerja orang tersebut dalam melakukan tugas dan tanggung jawab yang telah ditentukan untuk melakukan pekerjaan pada suatu standard tertentu :
“People are hired to perform tasks above a minimum standard. Task performace refers to goal-directed activities that are under the individual’s control. These include physical behaviors as well as mental processes leading to behaviours. ….. that is, their behaviours and the outcomes of those behaviours must exceed minimum acceptable levels”.
Komunikasi 
Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau dimana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak akan terlibat dalam komunikasi.
Brent D. Ruben dalam buku Komunikasi memberikan definisi komunikasi yaitu suatu aktivitas yang mempunyai beberapa tahap yang terpisah satu sama lain tetapi berhubungan. Sedangkan DR. Arni Muhammad dalam buku yang sama memberikan pengertian komunikasi yaitu pertukaran pesan verbal maupun non verbal antara si pengirim pesan dengan si penerima pesan untuk mengubah tingkah laku.