twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Fungsi Akar pada Tanaman

Fungsi Akar pada Tanaman

Fungsi Akar pada Tanaman

1. Pertumbuhan Fungsi Pertumbuhan Tanaman

Fungsi akar yang paling penting ialah sebagai organ penunjang tumbuh tanaman. Akar tumbuh melalui tanah, meluas, kemudian mengaitkan tanah dan menciptakan tumbuhan besar lengan berkuasa menahan angin. Semakin tumbuh memanjang dan membesar, kemampuan akar dalam menunjang tumbuhan akan semakin kuat.
2. Fungsi perembesan air dan nutrisi
Fungsi akar untuk tumbuhan berikutnya ialah sebagai organ penyerap nutrisi air dan tanah. Fungsi akar ini ditinjau terutama oleh akar rambut. Rambut akar bisa menyerap nutrisi organik dan anorganik dalam larutan dengan gradien konsentrasi tertentu. Keberadaan air tanah sangat mendukung kemampuan dan fungsi akar ini. Di tanah dengan kondisi layu permanen, fungsi akar dalam menyerap nutrisi tanah akan terhambat secara otomatis.
3. Fungsi Penyimpanan Cadangan Makanan
Akar juga bisa berfungsi sebagai cadangan penyimpanan karbohidrat dan air. Beberapa akar tumbuhan mempunyai kemampuan menyimpan cadangan kuliner menyerupai akar wortel, ubi jalar, dan ubi jalar. Akarnya bisa menyimpan sejumlah besar air menyerupai akar tumbuhan gurun (higrofit). Akar tumbuhan hygiophytic bahkan bisa menyimpan lebih dari 70 kg air dalam jaringan.
4. Fungsi fotosintesis
Fotosintesis tidak hanya bisa dilakukan pada daun. Beberapa akar tumbuhan yang mengandung klorofil juga diketahui melaksanakan acara metabolik ini. Tanaman menyerupai anggrek epifit dan akar mangrove mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat. Kemampuan tumbuhan ini juga merupakan salah satu fungsi akar pada tumbuhan yang tidak bisa dilupakan.
5. Fungsi Pernapasan
Akar juga bisa berfungsi sebagai alat pernafasan bagi tanaman. Fungsi akar yang satu ini bisa ditemukan di akar tumbuhan beringin, akar tumbuhan mangrove, dan akar beberapa tumbuhan lainnya yang habitatnya dibanjiri (hidrofit). Fungsi akar yang dimodifikasi sebagai alat pernafasan disebut pneumatophores. Struktur sel dan jaringan akar ini memungkinkan terjadinya difusi udara.
6. Fungsi Gerakan Tanaman
Akar juga bisa membantu pergerakan tanaman. Melalui prosedur gerakan tropis menyerupai geotropisme, fototropisme, tigmotropisme, kemotropisme, dan hidrotropisme, akar membantu tumbuhan untuk menemukan air dan nutrisi di dalam tanah. Fungsi akar tumbuhan ini untuk menunjang metabolisme tumbuhan untuk melaksanakan proses fotosintesis.
7. Fungsi Reproduksi
Pada beberapa tanaman, akar juga berfungsi sebagai organ reproduksi. Melalui perbanyakan vegetatif stolon dan rhizoma, tumbuhan berkembang biak sendiri, menduplikat, dan berkembang biak. Pada tumbuhan dengan akar keriput menyerupai ubi jalar dan bengkoang, kemampuan dan fungsi akar ini juga dimiliki.