twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Alam sekitarnya

Alam sekitarnya

Pengetahuan suku banjar tentang alam sekitar,yaitu penngetahuan mengenai musim-musim,dan gejala alam.Pengetahuan tentang musim ini digunakan masyarakatnya untuk menentukan kapan musim tanam bagi mereka yang bertani,sedangkan bagi yang bermata pencaharian melaut musim digunakn untuk mengetahui kapan musim yang baik untuk pergi melaut.


  1. Tumbuhan yang tumbuh di sekitar daerah tempat tinggalnya

Pengetahuan tentang Flora ini berfungsi untuk mengetahui tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar mereka,tumbuh-tumbuhan apa saja yang dapat dijadikan sayur serta tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk pengobatan suatu penyakit dan tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk upacara keagamaan.

  1. Binatang yang hidup di daerah tempat tinggalnya

Pengetahuan tentang Fauna merupakan pengetahuan mengenai binatang-binatang yang ada dan hidup di lingkungan alam mereka.Bagi masyarakat yang suka berburu atau bermata pencaharian berburu pengetahuan ini sangat penting karena untuk mengetahui binatang apa saja yang dapat diburu serta mengetahui daerah buruan.Bagi masyarakat petani pengetahuan tentang fauna ini juga sangat penting untuk menjaga tanaman mereka dari binatang yang dapat merusaknya.Tetapi petani juga dapat mengetahui binatang yang dapat dipelihara dan dimanfaatkan untuk menjaga tanaman mereka seperti Anjing yang dapat dilatih untuk untuk menjaga tanaman petani dari gangguan binatang lain seperti Babi dan Anjing juga bisa digunakan untuk berburu.

  1. Zat-zat, bahan mentah, dan benda-benda dalam lingkungannya

Pengetahuan tentang Pengobatan Tradisional. Pengobatan tradisional ini ada yang didapat dari keturunan yang di wariskan secara turun-temurun ataupun dari belajar.

  1. Tubuh manusia

Pengetahuan ini umumnya terbentuk sebagai usaha pengobatan berbagai penyakit. Cara penyembuhannya bisa dengan cara rohani dan jasmani. Penyembuhan dengan cara rohani lebih ke bacaan ayat-ayat suci al-quran dan itu biasanya berkaitan dengan mahluk astral yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Dan jika pengobatan jasmani lebih ke tenaga dalam yang dikeluarkan dan faktor keturunan juga. Seperti contohnya tukang urut.

  1. Sifat-sifat dan tingkah laku manusia

Kelompok pengetahuan ini yang dikembangkan untuk mengatur pergaulan antar sesama manusia dalam masyarakat. Mereka mengetahui apa yang baik dan dianjurkan oleh kebudayaannya, serta apa yang dilarang dan diberi sanksi oleh masyarakat. Termasuk dalam hal iini adalah pengetahuan tentang tanda-tanda tubuh, sopan-santun pergaulan, norma, dan hukum

SUmber :

https://fgth.uk/kepler-nasa-temukan-20-dunia-baru-yang-berpotensi-dihuni/