twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Atasi Emotional Hangover dengan Gerakan Yoga Ini

Istilah mabuk emosional digunakan untuk menggambarkan situasi di mana seseorang terkuras secara emosional. Alasannya mungkin karena Anda pernah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan seperti putus cinta, perkelahian tanpa akhir, atau masalah pekerjaan yang tidak pernah berakhir. Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi hal ini dengan melakukan yoga.

Gerakan yoga untuk mengatasi mabuk emosional
Yoga itu sendiri telah lama dikenal sebagai olahraga relaksasi, jika dilakukan dengan benar dan teratur dapat membantu mengurangi stres. Setelah ini, ada beberapa gerakan yoga yang bisa Anda coba bagi mereka yang ingin mengatasi rasa emosional.

Pose anak

Sumber: Pop Pop Sugar
Pose yoga ini cukup mudah untuk pemula. Selain membantu menenangkan pikiran dan meringankan ketidaknyamanan, peregangan punggung ini juga baik untuk sistem saraf dan limfatik tubuh (termasuk kelenjar getah bening, getah bening, dan sumsum tulang).

Berikut langkah-langkahnya:

  • Mulailah dengan berlutut di atas tikar, lalu duduk di atas tumit Anda.
  • Pastikan jari Anda bersentuhan satu sama lain, membuka lutut Anda sejajar dengan bahu Anda.
  • Rentangkan tangan Anda ke depan, lalu gerakkan tubuh Anda perlahan-lahan seolah bersujud sampai dahi menempel ke matras dan tubuh bersandar pada paha.
  • Tutup mata Anda dan ambil tiga napas dalam-dalam, rilekskan tubuh Anda pada posisi ini.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak yang diperlukan.

Pose Bridge

Sumber: Jurnal Yoga
Pose yoga berikutnya adalah jembatan di mana Anda dapat mencoba mengatasi mabuk emosional atau bosan secara emosional. Pose ini berfokus pada peregangan punggung dan kaki Anda, yang akan mengurangi stres.

Tidak hanya mengurangi keadaan emosional yang Anda alami, tetapi juga membantu mengurangi masalah seperti sakit punggung, sakit punggung, sakit kepala, insomnia, dan tekanan darah tinggi. Inilah cara melakukannya:

Mulailah berbaring telentang di atas matras, lalu tekuk lutut dan pertahankan posisi kaki Anda agar tetap dekat dengan matras.

Letakkan kedua tangan sejajar dengan bahu Anda, telapak tangan menempel pada matras.
Tarik napas dan buang napas di atas pinggul dan bagian belakang tubuh.
Tahan posisi sambil menghirup dan menghembuskan napas 4-8 kali.
Turunkan tubuh Anda ke lantai, ulangi langkah-langkah yang diperlukan.
Yoga Uttanasana
Yoga mabuk emosional
Sumber: Balanced Yogi

Bagi Anda yang tidak memiliki masalah tulang belakang, pose ini dapat terjadi selama yoga ketika Anda mengalami gangguan emosional. Pose Uttanasana dapat membantu meningkatkan pernapasan, yang akan membantu mengirim sinyal lebih tenang dan rileks.

Otot hamstring mengencang ketika tubuh menjadi terjebak dalam mode pertarungan atau penerbangan, tetapi postur ini dapat diatasi. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Lakukan sambil berdiri, angkat kedua tangan.

Turunkan lengan Anda, lalu pelan-pelan tekuk tubuh bagian atas ke bawah.
Jika memungkinkan, tekuk tubuh Anda hingga telapak tangan menyentuh tikar. Pastikan posisi tangan sejajar dengan kedua kaki. Jika terlalu sulit, Anda bisa meraih pergelangan kaki.

Pegang posisi dengan menggantung kepala Anda sambil menarik napas dalam-dalam.
Perlahan bangun tubuh Anda, letakkan tangan Anda di pinggul. Ulangi langkah-langkah yang diperlukan.
Swasan (pose mayat)

Swasana biasanya merupakan akhir dari aturan yoga. Pose relaksasi ini menjadi bagian paling tenang dari latihan yoga dan sudah pasti tepat jika tujuannya adalah untuk mengatasi gangguan emosional.

Swasana akan memicu respons relaksasi yang akan memperlambat pernapasan saat menenangkan sistem saraf. Meskipun kelihatannya sederhana, pose ini membutuhkan konsentrasi dan konsentrasi di sekitarnya. Inilah langkah-langkahnya.

Tidur dengan kaki dan tangan direntangkan di atas tikar. Berikan jarak pinggul yang begitu jauh di antara kedua kaki Anda, Anda juga bisa menempatkan kedua tangan sedikit jauh dari tubuh Anda.
Tutup mata Anda Meringankan tubuh dan wajah.

Biarkan tubuh bernafas dengan normal, fokus pada keadaan atau suara di sekitar Anda. Cobalah untuk tetap sadar.
Tahan setidaknya 5-10 menit. Untuk menyelesaikan, bernafas dalam dan dengan lembut “bangun” tubuh dengan menggerakkan jari tangan dan kaki.

Anda dapat melakukan berbagai pose di rumah atau bahkan menggunakan bimbingan instruktur yoga. Ingatlah bahwa jika Anda masih merasakan mabuk emosional atau bosan secara emosional, berbagi keluhan dengan orang-orang yang dekat dengan Anda atau seorang terapis juga akan membantu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosa atau perawatan. Silakan lihat halaman Kebijakan Editorial kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: