twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Kehidupan Sosial, politik dan Ekonomi kerajaan Aceh

Kehidupan Sosial, politik dan Ekonomi kerajaan Aceh

Kehidupan Sosial, politik dan Ekonomi kerajaan Aceh

  1. Kehidupan Sosial

Adalanya penggolongan masyarakat menjadi beberapa golongan, yaitu teuku (kaum bangsawan), golongan teungku (Kaum ulama yang memegang),  Hulubalang (prajurit) serta rakyat biasa. Antara Golongan teuku dan Teungku sering timbul persaingan yang mengakibatkan melemahnya kerajaan Aceh.

  1. Kehidupan Politik

Aceh tumbuh secara cepat menjadi kerajaan besar karena didukung oleh letaknya yang strategis, kemudian Kerajaannya memiliki Bandar pelabuhan. Aceh juga memiliki daerah yang kaya akan tanaman lada. Tanaman ini sendiri merupakan komoditi ekspor yang sangat penting. Selain itu, jatuhnya malaka ke tangan Portugis menyebabkan pedagang Islam banyak singgah ke Aceh, ditambah Jalur pelayaran beralih melalui sepanjang pantai barat Sumatera.

  1. Kehidupan Ekonomi

Letaknya yang sangat strategis, di jalur pelayaran dan perdagangan Selat malakah menitikberatkan pada , maka Kerajaan Aceh menitikberatkan pada perekonomian pada bidang perdagangan. Penguasaan atas daerah pantai barat dan timur sumatera banyak menghasilkan lada. Sementara di Semenanjung Malaka menghasilkan lada dan timah.

  1. Penyebab Mundurnya kerajaan Aceh

Berikut merupakan factor yang mengakibatkan kerajaan Aceh mengalami kemunduran.

1)        Kekalahan perang antara Aceh melawan portugis di Malaka pada tahun 1629 M

2)        Tokoh pengganti Sultan Iskandar Muda tidaklah sebaik yang terdahulu.

3)        Permusuhan yang hebat diantara kaum ulama yang menganut ajaran Syamsyudias-Sumatra dan penganut ajaran Nur ad-Din ar-raniri

4)        Saerah-daerah yang jauh dari pemerintahan pusat melepaskan diri dari Aceh

5)        Pertahanan Aceh lemah sehingga bangsa-bangsa Eropa berhasil mendesak dan menggeser daerah perdagangan Aceh. Akhirnya, perekonomian di Aceh menjadi melemah.

 


Sumber: https://icbbumiputera.co.id/advan-a8-ponsel-kamera-ganda-dengan-keamanan-berlapis/