twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

4 Cara Merubah PDF Menjadi Word!

4 Cara Merubah PDF Menjadi Word!

4 Cara Merubah PDF Menjadi Word!

File penting kamu hanya tinggal PDF? Butuh di-edit tapi versi Word hilang entah kemana? Convert aja. Kamu bisa mengkonversikan PDF kamu menjadi sebuah Word, guna menyunting beberapa bagian penting.

Pengkonversian ini bisa dilakukan dengan software maupun online tools, dan ingat! Kedua metode tersebut saya pastikan dapat melakukan proses konversi. Namun, untuk hasilnya saya tidak bisa menjamin, beberapa diantaranya mungkin akan ada eror di layout atau tata letak.

Meskipun demikian, konversi ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan versi word, walaupun hasilnya tidak bisa maksimal, setidaknya bisa dicoba dan digunakan.

1. Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Kamu bisa menggunakan Adobe Acrobat Pro melalui PC, kalau tidak punya bisa menggunakan cara lain atau Download dulu disini:
  1. Download Official dan Beli >> Klik Disini
  2. Tidak Disarankan Menggunakan Software Bajakan
 
Kalau sudah memiliki Adobe Acrobat Pro (Ingat ya! Pro) atau baru saja selesai menginstallnya, berikut adalah cara merubah PDF ke Word (.docx/.doc)
  1. Buka Adobe Acrobat Pro
  2. Buka file PDF yang akan dirubah atau dikonversikan menjadi Word
  3. Setelah terbuka, pilih File (dipojok kiri atas) > Save As Other > Microsoft Word > Word Document (docx) atau Word 97-2003 (doc)
  4. Selesai!
 
Gimana? Mudah kan?

Menggunakan Microsoft Word 2013 +

Siapa sangka, ternyata Ms Word bisa mengkonversi PDF menjadi Word (doc/docx). Hanya saja, tidak semua versi dari Ms Word memiliki fitur tersebut, hanya versi 2013 dan setelahnya saja yang memiliki fitur tersebut.
Caranya cukup mudah dan bahkan hampir sama dengan cara sebelumnya, sekarang perhatikan langkah berikut:
  1. Buka Ms Word versi 2013 atau diatasnya
  2. Pilih menu File > Open seperti biasanya, kemudian cari File PDF yang ingin di-convert
  3. Jika muncul peringatan, pilih saja OK dan tunggu hingga proses konversi PDF menjadi Word (doc/docx) selesai
  4. Pilih File > Save As (sama seperti cara 1)
  5. Selesai!
Ternyata tidak rumit ya? Selain mudah, softwarenya pun sangat familiar. Hanya saja, kekurangan cara ini adalah pada waktu konversinya, semakin besar size PDF-nya makin lama pula, bahkan bisa-bisa sampai gagal.