twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

DEFENISI PENCEMARAN

Table of Contents

DEFENISI PENCEMARANDEFENISI PENCEMARAN

Pencemaran adalah masuknya segala sesuatu ke dalam lingkungan yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan kualitas kualitas lingkungan baik oleh bahan pencemar padat, cair,maupun gas. Bahan pencemar umumnya berasal dari dua macam sumber yaitu sumber alami dan sumber antropogenik. Sumber alami adalah sumber pencemar yang berasal dari aktifitas alam seperti gunung merapi, erosi, angin dan lain-lain. sedangkan sumber antropogenik adalah sumber yang berasal dari aktifitas manusia. sumber ini yang biasanya menimbulkan dampak pencem,aran yang sangat besar terhadap lingkungan.

Pada saat ini, pencemaran terhadap lingkungan berlangsung di mana-mana dengan laju yang sangat cepat. Sekarang ini beban pencemaran dalam lingkungan sudah semakin berat dengan masuknya limbah industri dari berbagai bahan kimia termasuk logam berat.

Takrifan pencemaran yang lebih bermaklumat adalah menurut Akta Kualiti Alam Sekitar 1974 yang menyatakan bahwa pencemaran adalah sebarang perubahan sama ada secara langsung atau tidak langsung kepada sifat-sifat fizik, kimia, biologi atau aras sinaran mana-mana bahagian alam sekeliling dengan melepaskan, mengeluarkan atau meletakkan buangan hingga menjejaskan keguanaan-kegunaan berfaedah, yang menimbulkan sesuatu keadaan berbahaya atau mungkin berbahaya kepada kesihatan, keselamatan atau kebajikan awam atau organisma-organisma lain, tumbuhan dan hewan.

Menurut Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 tahun 1982pencemaran lingkungan atau polusi adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Sumber :

https://obatsipilisampuh.id/apple-selidiki-kasus-baterai-iphone-membengkak/