twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Kebijakan dan peristiwa memengaruhi perekonomian terbuka

Kebijakan dan peristiwa memengaruhi perekonomian terbukaKebijakan dan peristiwa memengaruhi perekonomian terbuka

Defisit negara pemerintah

Ketika pemerintah mengalami defisit anggaran, jumlah penawaran dana pinjaman berkurang. Tingkat suku bunga naik untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan dana pinjaman. Tingkat suku bunga yang lebih tinggi mengurangi arus keluar modal neto. Berkurangnyaarus keluar modal neto, pada akhirnya, mengurangi penawaran mata uang lokal di pasar pertukaran valuta asing . Penurunan mata uang asing ini menyeimbabkan nilai tukar riil terapresiasi. Apresiasi nilai tukar mendorong neraca perdagangan kea rah defisit.

Dampak – dampak kuota impor

Ketika pemerintah Malasya menerapkan kuota impor mobil dari Jepang, tidak terjadi apa-apa di pasar dana pinjaman . Satu-satunya dampak meningkatkan ekspor neto (ekspor dikurangi impor) untuk setiap nilai tukar riil. Akibatnya, permintaan ringgit Malasya di pasar-pasar pertukaran valuta asing meningkat. Peningkatan permintaan ringgit ini mengapresiasi nilai mata uang ringgit. Apresiasi mata uang ringgit cenderung mengurangi ekspor neto sehingga mengimpaskan dampak langsung dari kuota impor terhadap neraca perdagangan.

Dampak-dampak pelarian modal

Jika orang memutuskan bahwa Filipina merupkan tempat beresiko untuk menyimpan tabungannya, mereka akan memindahkan modal mereka ke tempat yang lebih aman seperti Amerika Serikat, yang mengakibatkan peningkatan arus keluar modal neto Filipina. Oleh karena itu, permintaan untuk dana pinjaman di Filipina naik dan ini mendorong tingkat suku bunga riil Filipina. Karena arus modal neto lebih tinggi untuk semua tingkat suku bunga. Pada saat yang bersamaan, di pasar pertukaran valuta asing, penawaran peso naik. Kenaikan penawaran peso ini menyebabkan peso terdepresiasi sehingga peso lebih bernilai dibandingkan dengan mata uang lain.

Kebijakan Perdagangan

Merupakan kebijakan pemerintah yang secara langsung memengaruhi jumlah barang dan jasa yang diimpor atau diekspor oleh suatu Negara. Kebijakan perdagangan ada dalam berbagai bentuk. Salah satu, jenis kebijakan perdagangan yang umum adalah tarif, pada pajak barang impor. Jenis lainnya adalah kuota impor, batasan jumlah barang tertentu yang dapat diproduksi di luar negeri dan dijual di dalam negeri.

Sumber :

https://etrading.co.id/