twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

pengaruh tasawuf dalam kehidupan

PERAN TASAWUF DI ERA GLOBALISASI

A. Pendahuluan
Zaman sekarang adalah zaman modern dimana kita dapat dengan mudah mengakses segala sesuatu hanya dengan jari telunjuk saja, yaitu dengan menggunakan internet. Dimasa globalisasi ini segala sesuatunya pun dapat lebih mudah dengan canggihnya berbagai macam teknologi canggih, untuk itu kita dituntut agar bisa memanfaatkan kelebihan itu dengan sebaik baiknya, jangan sampai malah menjadikan kita terjerumus ke arah yang salah.
Ketika sains mulai berkembang yang membuahkan teknologi modern, di dunia Barat sekarang ini telah merasa kehilangan makna kemanusiaannya, kehidupan yang dibelenggu oleh paham individualis, kasih sayang dan silaturrahmi sudah memudar, manusia sibuk berkompetisi dan tolok ukur keberhasilan seseorang terletak pada materi, mereka telah teralienasi dari nilai spiritual dan Tuhannya, sehingga tidak mengherankan jika akhir-akhir ini tasawuf mulai merebak dibicarakan. Sebagai salah satu jalan menangkal material dan sekular adalah melalui tasawuf karena di dalamnya tersimpan konsep-konsep spiritual Islam yang cukup kaya dan dalam.

B. Makna Globalisasi dan Karakteristiknya

Globalisasi berasal dari kata “the globe” (Inggris) atau “la monde” (Prancis) yang berarti bumi, dunia ini. Maka globalisasi atau mondialisation secara sederhana dapat diartikan sebagai proses menjadikan semuanya satu bumi atau satu dunia. Pada prinsipnya globalisasi mengacu pada perkembangan-perkembangan yang cepat didalam teknologi, komunikasi, transformasi, informasi yang membawa bagian-bagian dunia yang jauh bisa jangkau dengan mudah.
Istilah globalisasi makin sering digunakan sejak pertengahan tahun 1980-an. Pada tahun 200, Dana Moneter Internasional (IMF) mengidentifikasikan empat aspek dasar globalisasi : perdagangan dan transaksi, pergerakan modal dan investasi, migrasi dan perpindahan manusia dan pebebasan ilmu pengetahuan. Selain itu tantangan-tantangan lingkungan seperti perubahan iklim, polusi air dan udara lintas perbatasan, dan pemancing berlebihan dari laut juga ada hubungan dengan globalisasi. Proses globalisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh bisnis dan tata kerja, ekonomi, sumber data sosial0budaya dan lingkungan alam. [1]
Globalisasi ditandai dengan berbagai hal, yaitu :
a. Globalisasi terkait erat dengan kemajuan inovasi teknologi, arus informasi atau komunikasi yang lintas batas negara.
b. Globalisasi tidak dapat dilepaskan dari akumulasi kapital, semakin tingginya intensitas arus investasi, keuangan, dan perdagangan global.
c. Globalisasi berkaitan dengan semakin tingginya intensitas perpindahan manusia, pertukaran budaya, nilai dan ide yang lintas batas negara.
d. Globalisasi ditandai dengan semakin meningkatnya tingkat keterkaitan dan ketergantungan tidak hanya antar bangsa namun juga antar masyarakat.


Sumber: https://voi.co.id/jasa-penulis-artikel/