twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Cara Mengatasi Kelelahan Psoriatis Arthritis

Mengelola radang sendi psoriatis bisa melelahkan sendiri, tetapi bagi sebagian orang, kelelahan kronis adalah gejala kondisi yang terabaikan.

Satu studi menunjukkan bahwa sebanyak 50 persen orang dengan kondisi kulit melaporkan mengalami kelelahan sedang hingga parah, sementara 25 persen mengalami tingkat kelelahan yang parah.

Artritis psoriatis ditandai dengan peradangan yang menyerang sendi dan kulit. Kelelahan bisa disebabkan oleh peradangan itu sendiri, tetapi bisa juga akibat komplikasi lain, termasuk:

  • sakit kronis
  • anemia
  • kebugaran fisik berkurang
  • mengalami kelebihan berat badan
  • fibromyalgia
  • masalah tidur
  • diabetes
  • kecemasan dan depresi

Jika Anda bangun setiap pagi tanpa energi, berikut beberapa kiat sederhana untuk membantu Anda menjalani hari.

1. Identifikasi pemicu Anda

Mengidentifikasi pemicu Anda mungkin menantang, tetapi menemukan penyebab kelelahan Anda dapat membantu Anda mencapai solusi. Kelelahan dapat disebabkan oleh beberapa sumber, termasuk:

  • diet
  • lingkungan Hidup
  • suasana hati
  • level stres
  • pola tidur

Ini juga bisa menjadi kombinasi dari beberapa di antaranya.

Buat catatan tertulis atau elektronik tentang kelelahan Anda untuk mengidentifikasi penyebabnya. Catat tingkat kelelahan Anda setiap hari bersama dengan apa yang Anda makan, ketika Anda bangun, ketika Anda pergi tidur, dan aktivitas apa pun yang Anda lakukan hari itu.

Ini dapat membantu Anda menemukan penyebab kelelahan dan gejala lainnya. Misalnya, Anda mungkin merasa lelah setelah minum obat, atau mungkin merasa sangat lelah setelah makan gula atau produk susu.

Meskipun mungkin tidak ada satu jawaban pun, ini adalah titik awal yang baik.

2. Atur pengingat pengobatan

Nyeri dan peradangan akibat psoriatic arthritis dapat menyebabkan kelelahan.

Anda mungkin menggunakan obat resep untuk menjaga kondisi Anda tetap terkendali. Banyak orang yang hidup dengan radang sendi psoriatis melaporkan pengurangan kelelahan saat minum obat untuk radang sendi psoriatis.

Penting untuk minum obat sesuai jadwal dan tidak melewatkan dosis apa pun. Pasang pengingat di ponsel Anda untuk minum obat pada waktu yang tepat setiap hari.

Bicaralah dengan dokter Anda jika efek samping menyebabkan Anda menghindari minum obat. Dokter Anda mungkin ingin mengalihkan Anda ke yang lain.

3. Olah raga secara teratur

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi olahraga penting untuk menangkal kelelahan.

Berolahraga meningkatkan kesehatan jantung Anda dan membantu meningkatkan massa otot, kekuatan, dan kelenturan. Ini dapat memberi Anda dorongan energi yang sangat Anda butuhkan.

Demam endorfin yang Anda alami saat berolahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan, serta kualitas tidur Anda. Usahakan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari – meskipun itu hanya jalan cepat.

Pastikan untuk tetap terhidrasi selama dan setelah berolahraga, karena dehidrasi juga bisa menjadi penyebab kelelahan yang tersembunyi.

4. Perhatikan diet Anda

Diet Anda memainkan peran besar dalam perasaan Anda. Diet tinggi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak sehat, dan protein tanpa lemak adalah caranya. Cobalah untuk menghindari makanan olahan dan manis.

Studi menunjukkan bahwa pilihan makanan tertentu dapat membantu mengurangi keparahan gejala psoriatis arthritis, termasuk kelelahan.

Beberapa contoh makanan yang dapat mengurangi peradangan adalah:

yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, tuna, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan rami
antioksidan tinggi, seperti buah dan sayuran berwarna, cokelat hitam, teh, dan kopi
biji-bijian, seperti gandum dan beras merah
Dewan medis National Psoriasis Foundation juga menyebutkan suplementasi vitamin D dapat bermanfaat bagi penderita psoriasis atau radang sendi psoriatis.

5. Jangan berhemat di kasur Anda

Jika kasur Anda tidak nyaman, kemungkinan besar tidur Anda akan terganggu. Anda menghabiskan sekitar sepertiga hari Anda di tempat tidur. Berinvestasi di kasur yang bagus dapat membuat perbedaan dunia dalam hal radang sendi psoriatis.

Baca juga: