twittsev.com

Situs Web Pendidikan Terupdate

Cara Mendapatkan Bokeh Maksimal

Dalam fotografi, istilah bokeh merepresentasikan kualitas samar dan samar magis yang tampaknya memisahkan subjek dari latar belakang. Menarik secara visual bagi kami untuk melihat gambar dengan latar belakang yang lembut, halus dan indah. Ini membantu mata kita fokus pada suatu area dan menciptakan kesan kedalaman dan dimensi pada gambar yang tampak datar. Izinkan saya berbagi beberapa tip tentang cara mencapai bokeh maksimum dengan menyiapkan kamera Anda.

Gunakan kotak besar

Bokeh tidak dibuat oleh kamera – lensa dan optiknya bertanggung jawab untuk menarik perhatian. Oleh karena itu, Anda harus menetapkan apertur lensa ke nilai terendah, yang juga dikenal sebagai “apertur maksimum”. Anda dapat melakukan ini dengan mengubah mode kamera ke “Aperture Priority” dan menyetel angka “f” ke nilai terendah yang diizinkan oleh kamera. Pada kamera DSLR Nikon, ini biasanya dilakukan dengan memutar tombol depan ke kiri (berlawanan arah jarum jam).

Apa efek dari pengurangan bukaan lensa? Ini pada dasarnya mengurangi kedalaman bidang (yaitu, area yang tampak tajam relatif terhadap latar belakang) menjadi area yang sangat kecil atau “dangkal”.

Minimalkan jarak antara Anda dan subjek

Semakin dekat ke subjek, latar belakang akan buram. Ini karena ketika objek sangat dekat, lensa fokus lebih dekat dan kedalaman bidang terkecil. Ini berfungsi seperti mata kita – coba rentangkan jari telunjuk Anda lebih dekat ke objek yang berjarak dua meter dari Anda, lalu fokuskan mata Anda pada jari-jari Anda dan mulai gerakkan ke arah mata Anda. Anda akan melihat bahwa saat Anda mendekat ke mata, objek di belakang jari Anda akan menjadi semakin kabur dan kabur. Lensa bekerja dengan cara yang sama, jadi jarak ke subjek berperan besar dalam membuat bokeh.

Tambah jarak antara subjek dan latar belakang

Jika subjek yang difoto dekat dengan latar belakang yang sibuk, bokeh pasti akan terdistorsi. Perlu diingat bahwa kedalaman bidang bukan hanya garis keras, setelah itu semuanya menjadi tidak fokus – secara bertahap menjadi tajam dari ketajaman, seperti yang dapat Anda lihat dengan jelas pada gambar di bawah. Oleh karena itu, agar bokeh menjadi bokeh yang menyenangkan, Anda harus mencoba menghilangkan tema dari objek latar belakang terdekat. Misalnya, jika Anda membuat potret seorang gadis dengan daun yang sangat dekat dengan cabang pohon, daunnya mungkin tidak terlihat fokus. Jika gadis itu semakin dekat dengan Anda dan dengan demikian meningkatkan jarak antara Anda dan cabang pohon, daunnya akan lebih “tidak fokus”.

Baca juga: